Top
    bdkpalembang@kemenag.go.id
(0711) 445279

Ini Dia Cara Mengirim Puluhan Pesan WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Kontak di Ponsel Anda!

Senin, 26 Juli 2021
Kategori: Artikel Pegawai
19082 kali dibaca

WhatsApp kini telah menjadi aplikasi pesan yang banyak digunakan, Melalui WhatsApp pengguna dapat berkirim teks, gambar, dokumen maupun video.

Dalam menggelar pelatihan Di BDK Palembang, para pegawai BDK Palembang juga kerap menggunakan Whatsapp untuk melakukan komunikasi dengan para peserta dan pengajar. Dengan demikian banyak diklat yang digelar, tentu saja merepotkan jika panitia harus menyimpan semua kontak peserta pelatihan.

Kali ini, tim BDK Palembang merangkum tutorial cara memanfaatkan Microsoft Excel agar dapat mengirim puluhan bahkan ratusan pesan Whatsapp tanpa harus repot menyimpan nomor ponsel satu per satu.

1. Dengan memanfaatkan data peserta yang sudah terdapat info nomor Hp, Buatlah tabel nama dan nomor HP pada Microsoft Excel

 

Selanjutnya dari data tersebut untuk dapat mengirim pesan kita perlu mengubahnya ke format ( http://wa.me/6281367195xxx ). Tapi tak perlu kita ketik satu per satu. Dengan memanfaatkan Excel pertama kita ubah dahulu nomor ponsel dengan menggunakan kode 62.

2. Mengubah Format Nomor Ponsel Menggunakan kode 62

 

Fungsi RIGHT akan menampilkan 11 digit dari kolom No. Telepon dari sebelah kanan, dalam hal ini untuk menghilangkan angka 0

Hasil dari menggunakan fungsi RIGHT akan sebagai berikut :

Langkah selanjutnya kita tambahkan kolom baru untuk menambahkan 62 dengan mengkombinasikan fungsi AND

=62&(kolom)

Hasil dari penggabungan 62 kolom C (Menghilangkan Nol)

3. Merubah Menjadi Format WhatsApp Web

Langkah selanjutnya dengan menggunakan fungsi AND kita akan menggabungkan nomor HP dengan alamat Link Whatsapp. Tambahkan kolom http://wa.me/ kemudian gabungkan dengan kolom no HP yang sudah menggunakan kode 62

 

Copy kan kolom yang sudah sesuai format whatsapp paste kan di Aplikasi Notepad

Kemudian dari aplikasi Notepad, blok semua dan copy kemudian paste-kan pada WhatsApp dan tekan kirim.

 

Selesai klik pada nomor HP maka anda akan langsung terhubung dengan whatsapp pemilik nomor HP tersebut. Untuk mempermudah anda dapat menambahkan nama di depan format WA seperti contoh berikut :

Mudah bukan? Dengan memanfaatkan Microsoft Excel sebagai pengolah data, puluhan bahkan ratusan kontak tak perlu disimpan satu per satu. Menghubungi peserta menjadi lebih gampang, dan kapasitas penyimpanan kontak di ponsel pun dapat dihemat.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

ARSIP