Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279
KETANGGUHAN DALAM BERWIRAUSAHA

KETANGGUHAN DALAM BERWIRAUSAHA

Rabu, 7 Oktober 2020
Kategori : Artikel
5368 kali dibaca

KETANGGUHAN DALAM BERWIRAUSAHA

Oleh: Hodidjah

Widyaiswara Ahli Madya

 

  • PENDAHULUAN

        kewirausahaan berasal dari kata dasar wirausaha dan wirausaha terdiri dari 2 kata yaitu, wira yang berarti kesatria, pahlawan, pejuang, unggul, gagah berani, sedangkan satu lagi adalah kata usaha yang berarti bekerja, melakukan sesuatu. Dengan demikian pengertian dari wirausaha ditinjau dari segi arti kata adalah orang tangguh yang melakukan sesuatu.

        Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

        Wirausahawan sekarang tidak pernah takut dengan terbatasnya akses, perlengkapan, dan lahan. Bahkan, wirausahawan sekarang yang terdapat di asrama, tidak pernah takut lagi akan susah memperoleh tempat atau lahan untuk menyimpan barang-barang atau peralatan untuk usaha yang akan dijalankannnya.

Bahkan, dapur sekarang bisa diguanakan untuk bersama, disini sangat membantu mahasiswa yang berwirausaha yang harus menggunakan peralatan dapur yang bisa digunakan oleh semua warga asrama.

        Komitmen adalah Suatu perjanjian atau kesepakatan untuk melakukan sesuatu. Wirausaha yang mempunyai komitmen tinggi, mentaati atau memenuhi janjinya untuk memajukan usaha bisnisnya sampai berhasi. Bagaimana menjaga komitmen kita menjadi wirausaha adalah jangan pernah puas dengan apa yang telah kita dapatkan, dan terus kembangkan ide-ide kreatif agar kita tidak bosan dan bisa terus tekun dalam menjalani usaha. Dan segala ide yang didapatkan, jangan hanya menjadi rencana (planning) saja, kalau hanya ide tanpa direalisasikan, itu hanya akan menjadi angan-angan saja. Mas agus juga berkata, segala sesuatu yang diinginkan itu butuh proses, dan proses itulah yang membuat kita sukses.

Download disini Versi Lengkap /upload/files/WIBWSITE%20NOV%20NO.2%281%29.pdf


Sumber : Hodidjah

Penulis : Hodidjah

Editor : Tri Juliansyah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP