Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279
Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan
Ilustrasi mushaf Alquran (sumber: Unsplash)

Keutamaan Membaca Alquran di Bulan Ramadan

Jumat, 16 April 2021
Kategori : Artikel Pegawai
5075 kali dibaca

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Terdapat banyak keberkahan di Bulan Suci Ramadan ini, sehingga banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan amal dan mencari kebaikan. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mencari kebaikan di Bulan Ramadan, salah satunya adalah dengan membaca Alquran. Membaca dan memahami makna Alquran adalah kewajiban dan ibadah bagi setiap muslim. Ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya.

Hal tersebut juga tampak dipahami oleh para pegawai BDK Palembang. Tampak di sela-sela kesibukannya, banyak pegawai yang menyempatkan diri membaca Alquran. Selain itu juga, BDK Palembang mengadakan program spiritual dan keagamaan bagi para pegawainya di  sepanjang Bulan Ramadan. Terdapat 2 program yang dilakukan antara lain tausyiah yang dilaksanakan pada hari Senin-Kamis ba’da Zuhur, serta kegiatan belajar tahsin bacaan Alquran setiap Senin-Jumat yang dimulai pukul 08.00-09.00 di Mushola BDK PLG.

Penyelenggaraan kedua kegiatan tersebut bukan hanya formalitas dalam menyambut Bulan Ramadan saja, tetapi

Di dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa siapa saja yang membaca satu huruf Alquran,  maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut.

Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no 2910)

Banyak sekali manfaat yang mungkin dapat kita dapatkan selain dari mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT, di antaranya:

  • Membaca Alquran dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang, serta membuat perasaan menjadi tentram.
  • Iman seseorang dapat berubah-ubah. Dengan membaca Alquran seorang muslim akan semakin mendekat kepada Allah SWT dan dapat menjaga imannya.
  • Membaca Alquran dapat memberikan syafaat pada hari kiamat nanti, sebagaimana hadist menyatakan: Bacalah bait Alquran karena sesungguhnya pada Hari Kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya(HR.Muslim).

Setelah membaca Alquran dengan tajwid yang baik dan benar, maka amalan berikutnya adalah memahami dan mengamalkan isinya. Dengan melakukan hal tersebut, insya Allah akan menjadi berkah. Selain itu juga, seorang muslim dapat membuat target khataman Alquran, karena sesungguhnya banyak sekali pahala khatam Alquran di Bulan Ramadan.

Semoga kita termasuk insan yang berkah dan dapat mengkhatamkan Alquran di bulan suci ini serta dapat berjumpa di Bulan Ramadan berikutnya.


Sumber : Sarah Rahmadhana

Penulis : Sarah Rahmadhana

Editor : A. Redho Nugraha

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP