Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279
Menag Hadiri Pembukaan Perkemahan Wirakarya di JSC, Imbau Moderasi Beragama dan Prokes dalam Berkegiatan

Menag Hadiri Pembukaan Perkemahan Wirakarya di JSC, Imbau Moderasi Beragama dan Prokes dalam Berkegiatan

Jumat, 12 November 2021
Kategori : Berita
38 kali dibaca

PALEMBANG (12/11) - Pada Kamis (11/11) lalu, BDK TV berkesempatan untuk meliput kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan ke-XV yang diselenggarakan oleh UIN Raden Fatah Palembang. Perkemahan nasional tersebut digelar sejak 9 November hingga 14 November di Bumi Perkemahan Jakabaring Sport City (JSC).

Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang, Dr. Syafitri Irwan, S.Ag., M.Pd.I turut menjadi tamu dalam seremoni pembukaan pada Kamis lalu. Selain Kepala BDK Palembang, kegiatan tersebut juga turun mengundang Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Mawardi Yahya, Menteri Agama, K.H. Yaqut Cholil Qoumas, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag., Sekjen Kwarnas Mayjen TNI (purn) Dr. Bachtiar, M.A.P, perwakilan dari Museum Rekor Indonesia serta rektor dari semua perguruan tinggi keagamaan di Indonesia

Dalam pembacaan laporan kegiatan, Ali Ramdhani mengatakan jika terdapat 1.176 orang peserta yang terlibat dalam Perkemahan Wirakarya ke-XV kali ini, termasuk di antaranya 444 peserta yang hadir di lokasi perkemahan, 558 peserta yang menghadiri pembukaan secara daring, serta 116 orang pendamping dan 58 orang pimpinan kontingen.

Salah satu rangkaian kegiatan pembukaan tersebut adalah pencatatan rekor nasional oleh Museum Rekor Indonesia terkait pembuatan pantun moderasi beragama terbanyak dalam sejarah. Kegiatan pembuatan pantun tersebut melibatkan banyak unsur, baik dari Kemenag maupun pelajar dan mahasiswa. Hingga hari terakhir pengumpulan pantun, diperoleh hingga sebanyak 35.000 pantun moderasi beragama.

“Museum Rekor Indonesia tidak bisa menganggap kegiatan pengumpulan pantun ini sebagai rekor Indonesia,” ujar perwakilan MURI dalam kegiatan pembukaan tersebut. “Tetapi kami catat sebagai rekor dunia,” sambungnya, diiringi tepuk tangan semua hadirin.

Di belakang panggung, tim BDK TV berkesempatan mewawancarai Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, atau yang akrab disapa Gus Yaqut. Kepada tim BDK TV, Gus Yaqut menyampaikan pesan tentang ASN Kemenag yang aktif berkegiatan di organisasi eksternal seperti Pramuka.

“Tentu harus membawa semangat ketika mereka menjadi pegawai Kementerian Agama di organisasi dimana dia aktif,” tutur Gus Yaqut. “Kementerian Agama ini sekarang sedang mengembangkan dan terus mengurus, mengutamakan moderasi beragama. Moderasi beragama ini harus di bawa ke organisasi dimana dia berkiprah saat ini.”

Selain itu, ia juga berpesan secara umum kepada semua penyelenggara dan peserta kegiatan untuk terus mengedepankan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung, agar tidak muncul klaster penyebaran Covid-19 baru dari kegiatan tersebut.

Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan ke-XV yang dituanrumahi oleh Pramuka UIN Raden Fatah tersebut mengundang serta anggota pramuka perguruan tinggi keagamaan dari Sabang hingga Merauke. Sebanyak 8 orang, terdiri dari 4 pramuka putra dan 4 pramuka putri dari tiap-tiap provinsi di Indonesia turut serta dalam perkemahan tersebut. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kementerian Agama melalui penyalaan api unggun secara virtual.  


Sumber : A. Redho Nugraha

Penulis : A. Redho Nugraha

Editor : A. Redho Nugraha

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP