Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279
Peserta Latsar Gelombang 3 Teteskan Air Mata Saat Ikuti Caraka Malam

Peserta Latsar Gelombang 3 Teteskan Air Mata Saat Ikuti Caraka Malam

Rabu, 3 November 2021
Kategori : Berita
100 kali dibaca

PALEMBANG (3/10) – BDK Palembang menggelar Pelatihan Dasar CPNS Gelombang III secara on campus. Pelatihan ini diadakan mulai tanggal 1 November - 6 November 2021 di Asrama Haji Palembang dan diikuti 146 peserta yang terdiri dari dari Angkatan XI, Angkatan XII, Angkatan XII dan Angkatan XIV se-Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada pelatihan ini adalah Caraka Malam. Sesuai namanya, kegiatan ini berlangsung di malam hari dengan materi kegiatan pembelajaran Agenda Sikap Perilaku Bela Negara (ASBN),  dilanjutkan dengan Sosiometri Antar Peserta, renungan malam dan terakhir penciuman Bendera Merah Putih oleh seluruh peserta Latsar yang mengikuti Caraka Malam. Caraka Malam dihadiri oleh beberapa tenaga pengajar, yaitu TNI dari Danramil 428-07/Sukarame, widyaiswara BDK Palembang dan seluruh panitia Latsar Gelombang 3.

Proses Caraka Malam diawali dengan pengarahan yang dilakukan oleh Ketua Penyelengara Latsar CPNS  Gelombang III Bandar Matondang, S.E, M.M. Pertama-tama, peserta dikumpulkan di lapangan dan melakukan pemanasan. Setelah itu, peserta diajak menuju ke tempat diadakannya Caraka Malam dengan mata tertutup saling berpegangan ke pundak teman di depannya. Peserta yang berada paling depan di barisan harus memberitahu peserta yang dibimbingnya rintangan apa yang akan dilewati di depan, agar pegangan tidak terlepas dan terpisah dari rombongan.

Kegiatan ini melatih kerjasama antar peserta, melatih kepekaan sosial dan saling tolong-menolong terhadap sesama peserta. Proses ASBN berjalan khidmat. Peserta merenungi dan sampai menangis saat penciuman Bendera Merah Putih, pembacaan puisi, renungan malam dan pembacaan doa. Selain itu peserta juga sangat tegas dan lugas dalam mengucapkan ikrar bela negara. Diharapkan peserta latsar untuk selalu menerapkan nilai-nilai dasar bela negara dalam kehidupan sehari-hari dan untuk berani melakukan inovasi dalam pekerjaan.


Sumber : Febria Nurhany

Penulis : Febria Nurhany

Editor : A. Redho Nugraha

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP