Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279
Tips Menggapai Malam Lailatulkadar di 10 Malam Terakhir Ramadan
Ilustrasi bulan sabit (sumber: Benjamin Voros/Unsplash)

Tips Menggapai Malam Lailatulkadar di 10 Malam Terakhir Ramadan

Rabu, 5 Mei 2021
Kategori : Artikel Pegawai
174 kali dibaca

Tak terasa, sebentar lagi Bulan suci Ramadan yang penuh dengan keberkahan akan segera meninggalkan kita. Di bulan Ramadan terdapat malam yang sangat istimewa dan penuh kemuliaan, yaitu Lailatulkadar atau Malam Qadar. Malam Lailatulkadar terjadi di malam ganjil pada 10 hari terakhir Bulan Ramadan, serta merupakan malam dimana Alquran pertama kali diturunkan.

Surat Al-Qadr (97) ayat 1-5 dalam Alquran berbunyi: "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Quran) pada Malam Qadar. Dan tahukah kamu, apakah Malam Qadar itu? Malam Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu, turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Tuhan mereka untuk membawa segala urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

Keistimewaan dari Malam Lailatulkadar adalah nilainya yang lebih baik daripada 1.000 bulan. Artinya, segala ibadah yang dilakukan seperti salat, membaca Alquran dan berdzikir di Malam Lailatulkadar nilainya seperti melakukan ibadah tersebut selama 1.000 bulan, atau lebih dari 82 tahun.

Karena keistimewaan malam tersebut, sangat sayang jika kita melewatkannya begitu saja. Namun bagaimana caranya seseorang dapat meraih Malam Lailatulkadar? Berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan di 10 malam terakhir Bulan Ramadan:

1. Meluruskan niat dengan mengaharapkan ridho Allah SWT

2. Bersungguh-sungguh dan menjaga kekhusyukan dalam melakukan ibadah

3. Bersedekah

4. Perbanyak dzikir

5. Perbanyak membaca istighfar

6. Perbanyak membaca sholawat

7. Memperbanyak doa

Karena tidak ada satu orang pun yang dapat mengetahui kapan terjadinya Malam Lailatulkadar, maka kita dapat melakukan beberapa kebaikan tersebut dimuai dari 10 malam terakhir. Semoga kita termasuk orang-orang beruntung yang dapat meraih kemuliaan Lailatulkadar


Sumber : Sarah Rahmadhana

Penulis : Sarah Rahmadhana

Editor : A. Redho Nugraha

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP