Menuju Rekonsiliasi, Keuangan Sekban Adakan Peningkatan Penyusunan Laporan Keuangan
  • 25 Juni 2021
  • 295x Dilihat
  • Berita

Menuju Rekonsiliasi, Keuangan Sekban Adakan Peningkatan Penyusunan Laporan Keuangan

Bandar Lampung (25/6) - Bagian Keuangan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kemenag Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Kemampuan Penyusun Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu hingga Jumat, tepatnya tanggal 23 - 25 Juni 2021 di Hotel Novotel Bandar Lampung.

Kegiatan tersebut diikuti secara tatap muka oleh 83 orang operator Simak BMN, Saiba dan Persediaan dari berbagai satker yang ada di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama di seluruh Indonesia. Salah satu peserta tersebut adalah BDK Palembang

Kegiatan tersebut dimulai dengan Pembukaan yang disampaikan oleh Sekretaris Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Dr. H. Muharam, M.A., Ph.D. Ia menyampaikan jika tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk merekonsiliasi penyiapan laporan keuangan antara operator SAIBA, simak BMN dan Persediaan agar menghindari tidak terpenuhinya perencanaan anggaran keuangan kantor.

Untuk berikutnya, secara garis besar akan diadakan :

1. Kelengkapan laporan keuangan

2. Kesesuaian dengan persamaan dasar akuntansi pemerintah

3. Kesesuaian migrasi saldo awal

Akan diadakan reviu penyelenggaraan keuangan melalui APIP dengan menyajikan sesuai standar akuntansi pemerintah, dimana di antara uang yang sudah dicatat harus seimbang dengan pengeluaran.

Reviu ini diadakan pada semester 1 dan 2. Reviu ke wilayah kerja telah dilakukan pada Mei lalu dan akan dilakukan kembali pada Juli mendatang, tepatnya pada 15 hingga 20 Juli.