METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA  DI MADRASAH IBTIDAIYAH
  • 29 Mei 2020
  • 1314x Dilihat
  • Artikel

METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA
DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DR. LILIS SURYANI, M.Si
Latar Belakang
     Tujuan utama pengajaran IPA adalah agar siswa memahami konsep-konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari, memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta mampu menggunakan metode ilmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dengan lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan pencipta alam semesta (Hadiat, 1996 : ). Pengajaran IPA adalah pengajaran yang tidak menuntut hafalan, tetapi pengajaran yang banyak memberikan latihan untuk mengembangkan cara berfikir yang sehat dan masuk akal berdasarkan kaidah-kaidah IPA. Guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang mengacu kearah pemecahan masalah aktual yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Agar proses belajar mengajar dapat menciptakan suasana yang dapat menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang berkembang secara dinamis kearah positif. Maka diperlukan pemilihan metode yang tepat, berbagai metode yang dapat digunakan dalam pengajaran IPA salah satu metode yang sesuai dan dapat menunjang keterampilan proses adalah metode eksperimen.
      Dalam rangka pencapaian tujuan dalam pembelajaran IPA seperti yang sudah disebut di atas, metode eksperimen sangat penting untuk lebih banyak dilakukan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang yang ada di seluruh Indonesia karena selama ini relative tertinggal dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhannya. Oleh sebab itu penulis menyusun makalah ini dengan judul. “Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah”.
 
Versi Lengkap Bisa Di Download Disini /upload/files/WIBESITE%20MEI%202020%20lilis%201.pdf