Muntok kini Kembali Disebut Mentok
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 5 Maret 2023
  • 1863x Dilihat
  • Berita

Muntok kini Kembali Disebut Mentok

MENTOK-Berkunjung ke Museum menjadi salah satu pembelajaran sejarah bagi kita semua, salah satunya berkunjung ke Museum Timah yang terletak di Tanjung, Kec. Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. 


Kemudian pertanyaaan timbul disini yaitu sebutan daerah ini yang benar Muntok atau Mentok????. 


Dengan didampingi kurator Musejm Timah kita sedikit banyak mendapatkan informasi mengenai pertanyaan kita tersebut terkait Mentok. Daerah yang memiliki ciri khasnya sebagai penghasil timah. 


Sejarah lahirnya nama Mentok salah satunya terdapat nama lain dalam sebutan mentok yaitu Mito (sekitar abad 19), Dimana Mentok berubah menjadi "Mito" setelah penyerahan pulau Bangka dan Belitung ke Inggris oleh Sultan Najamudin. 


Namun seiringnya waktu dan salah satunya karena kebiasaan mengikuti kaum belanda yang sempat menduduki Bangka maka dalam penyebutan Mentok menjadi Muntok. 


Pada Tahun 2023 kembali ditelusuri dan ditemukan bahwa asal muasal daerah ini memang bernama "Mentok". 


Seperti dikutip dari berita Tribun Jateng.com yang bertajuk Nama Daerah Muntok di Bangka Barat Bakal Diubah Menjadi Mentok. Terdapat penyampaian dari Muhammad Ali,Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka  Barat. "Saat ini Raperda Hari Jadi Kota Mentok sedang digodok tim Pansus DPRD Kabupaten Bangka Barat. Dan tentu tim pansus memiliki pandangan dan kajian tersendiri. Kita serahkan semuanya kepada tim Pansus," sebut Ali.