Nelly Nurmelly: 5W+1H Kunci Penulisan Karya Ilmiah
  • 27 Mei 2022
  • 1406x Dilihat
  • Berita

Nelly Nurmelly: 5W+1H Kunci Penulisan Karya Ilmiah

PALEMBANG (27/5) - BDK Palembang bekerjasama dengan Loka Diklat Lampung mengadakan sebanyak 4 Angkatan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Salah satu pelatihan yang digelar adalah PDWK Publikasi Ilmiah, dengan Dra. Nelly Nurmelly, widyaiswara BDK Palembang sebagai pemateri. Materi yang ia sampaikan kepada peserta bertajuk "Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian atau Gagasan Ilmiah Bidang Pendidikan Formal".

Pada kesempatan ini, beliau menjelaskan kegiatan dan jenis-jenis pengembangan profesi yang dapat dilakukan guru, pengertian dan jenis-jenis kegiatan karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan yang dapat dilakukan guru, juga memberikan contoh kegiatan karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan.

Nelly juga menyampaikan ada 10 macam publikasi ilmiah atau karya tulis ilmiah, antara lain: 1) presentasi di forum ilmiah; 2) hasil penelitian; 3) tinjauan ilmiah; 4) tulisan ilmiah populer; 5) artikel ilmiah; 6) buku pelajaran; 7) modul atau diktat; 8) buku dalam bidang pendidikan; 9) karya terjemahan; dan 10) buku pedoman guru.

Karya ilmiah adalah tulisan karya seseorang yang didasarkan atas kebenaran logika rasional dan kebenaran ilmiah, baik berupa karya ilmiah hasil penelitian lapangan atau laboratorium dan karya ilmiah hasil ide atau inovasi baru. Karya tulis ilmiah harus mampu memberikan laporan kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan profesinya. Dalam penulisannya, KTI juga diikuti prinsip 5W + 1H (what, why, who, when, where dan how).

Nelly berharap dengan setelah mengikuti pelatihan ini pengetahuan para guru dalam penulisan karya tulis ilmiah menjadi bertambah dan memiliki semangat serta mendapatkan ilmu dan metode dalam pelaksanaannya.