Pendampingan Implementasi Kurikukum Merdeka Di Kabupaten OKU
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 18 Juli 2023
  • 157x Dilihat
  • Berita

Pendampingan Implementasi Kurikukum Merdeka Di Kabupaten OKU

OKU (18/7), Dalam rangka pemulihan pembelajaran, Kementerian Agama melakukan inovasi melalui kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK). IKM_BK ditujukan untuk mengubah paradigma dari pembelajaran yang seakan-akan berada di ruang hampa menjadi pembelajaran yang korelatif dengan kehidupan nyata, yaitu pembelajaran yang meningkatkan literasi, numerasi, sains, dan etika yang mampu menjawab kebutuhan dan tantangan hidup.


IKM-BK hadir sebagai salah satu cara untuk mengejawantahkan Kurikulum Merdeka dengan tepat, tidak terjadi kesalahan konsep dan juga praktiknya. Dengan demikian diharapkan seluruh peserta kegiatan yaitu kepala sekolah, pengawas, dosen, dan guru, dapat memanfaatkan IKM-BK serta  mendiseminasikannya di madrasah  dan dalam komunitas belajar.


Untuk mendukung kebijakan tersebut, Pusdiklat Teknis dan Balai/Loka Diklat Keagamaan telah mengadakan Pelatihan IKM-BK secara regular. Pelatihan IKM-BK ini dilakukan dengan pola yang menggunakan system blanded online-offline dengan alur On The Job Training I (OJT I), In Service Training (IST), dan On The Job Training II (OJT II). Pada OJT II, peserta pelatihan wajib melaksanakan praktik IKM secara langsung dimadrasahnya masing-masing dengan mekanisme “paktik IKM Berbasis Komunitas dengan Pendampingan” secara online-offline. Kegiatan pendampingan secara offline ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 21 Juni 2023 dibeberapa kabupaten yang diantaranya kabupaten Pagaralam, Lubuk Linggau, Palembang dan Pangkal Pinang.

Pada saat ini Kembali dilaksanakan pendampingan untuk kabupaten lainnya yaitu Kabupaten OKU. Terdapat 3 komunitas yang kita kunjungi, yaitu MIN 2 OKU, MA Al Azhar dan MA Bindu OKU.  Pendampingan dilakukan oleh Widyaiswara BDK Palembang Dr. Lilis Suryani, M.Si, Dr. Miskiah, M.Pd, Ketua Tim Tenaga Teknis Pendidikan Iwan Sugianto, S.Kom, M.Pd.I, Arsiparis Ahli Muda Mulyadi, SE, M.Si dan Pranata Humas Ahli Muda Yeni Lesmana Dewi, SE.


Kegiatan diawali dengan kunjungan ke MIN 2 OKU dimana MIN 2 ini merupakan salah satu Komunitas yang paling representative. Pada pendampingan offline pertama ini ada 3 hal yang akan kita bimbing, yaitu KOM, Modul Ajar dan Laporan bulanan. Berdasarkan hasil pengamatan, MIN 2 sudah membuat laporan bulanan dengan baik, namun untuk modul ajar masih perlu bimbingan lebih lanjut. Hal ini dikarenakan masih banyaknya guru yang belum paham dengan modul ajar, sehingga perlu diberikan penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut. Untuk KOM sudah baik dan masih memerlukan sedikit perbaikan dan pemahaman.


Kunjungan selanjutnya adalah ke MA Al Azhar dan MA Bindu. Kedua MA ini sudah memliki pemahaman yang lebih baik tentang modul ajar. Namun berbanding terbalik dengan MIN 2, dimana kedua MA ini masih perlu memperbaiki laporan bulanan yang harus mereka laporkan. Laporan bulanan ini merupakan salah satu produk yang harus dikumpulkan dalam kegiatan IKM-BK ini.