Top
    bdk_palembang@kemenag.go.id
(0711) 445279

Sambutan

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulilahi rabbil ‘alamin, Was sholatu wassalamu ‘ala,
Asyrofil ambiyaa iwal mursalin, Sayyidina wa maulana Muhammadin,
Wa ‘alaa ‘alihi wa shohbihi ajmain. Ama ba’du.


Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen lain seperti modal, teknologi, dan uang sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Membicarakan sumberdaya manusia tidak terlepas dari kegiatankegiatan atau proses manajemen lainnya seperti strategi perencanaan, pengembangan manajemen dan pengembangan organisasi. Keterkaitan antara aspek-aspek manajemen itu sangat erat sekali sehingga sulit bagi kita untuk menghindari dari pembicaraan secara terpisah satu dengan lainnya.

Berdasarkan PMA Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelatihan SDM Kementrian Agama dinyatakan bahwa Penyelenggaraan pelatihan SDM bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi SDM, meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku. Penyelenggaraan pelatihan SDM ditujukan bagi PNS, PPPK, PN-ASN, dan Masyarakat.

Sehingga untuk mencapai tujuan pengembangan Kompetensi SDM maka diperlukan pelatihan yang berkesinambungan dan merata, umumnya bagi pegawai dibawah satuan kerja Kementerian Agama dan khususnya dibawah satuan kerja Balai Diklat Keagamaan Palembang.

Balai Diklat Keagamaan Palembang selalu mengupgrade dan membuat inovasi dalam hal pelayanan kepada peserta pelatihan, baik dalam hal sarana prasarana dan peningkatan SDM dari pegawai sampai widyaiswara. Adapun inovasi yang telah dilaksanakan dan sedang berjalan diantaranya Website Balai Diklat Keagamaan Palembang, Pelatihan Jarak Jauh (e-learning), Penggunaan Kuisioner online pasca Diklat,dan OJS (Open Journal System).

Dengan kerjasama yang solid antar pegawai, widyaiswara dan pejabat struktural. Balai Diklat Keagamaan diberikan penghargaan atas prestasinya, yaitu :

1. Tahun 2019, Sertifikat Mutu dari Badan Litbang dan Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yaitu sebagai Lembaga Penyelenggara Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan yang telah mencapai standar Mutu Diklat Teknis dengan Predikat untuk Diklat Tenaga Teknis Pendidikan (Sanagat Bermutu), dan Diklat Tenaga Teknis Keagamaan (Bermutu)

2. Tahun 2019, Akreditasi B dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) dalam Program Pelatihan "Diklat PIM IV" 

3. Tahun 2019,Akreditasi B dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) dalam Program Pelatihan "Pelatihan Dasar CPNS"

4. Tahun 2019, Akreditasi B dari Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama sebagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Terakreditasi untuk menyelenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan 

Namun langkah Balai Diklat Keagamaan Palembang tidak terhenti sampai disitu saja, kami tetap akan berkreasi dan berinovasi kedepannya demi kemajuan bersama.

Akhiru kalam wallahu muwafiqi ila iqwamittorriq,

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.