01 Februari, Pegawai BDK Palembang Pergunakan Absen pada PUSAKA
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 1 Februari 2023
  • 189x Dilihat
  • Berita

01 Februari, Pegawai BDK Palembang Pergunakan Absen pada PUSAKA

Sesuai dengan arahan Menteri Agama melalui Sekretaris Jenderal Kemenag RI,Nizar Ali pada senin lalu (31/01) melalui rapat Zoom Meeting yang dihadiri oleh kepala Kanwil Kemenag, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, Kepala Balai Diklat/Loka Diklat Keagamaan, Kepala Balai Litbang Agama, dan Kepala UPT Asrama Haji Se-Indonesia terkait penggunaan Aplikasi PUSAKA. Dalam rapat tersebut diantaranya membahas bahwa pada tanggal 01 Februari 2023 "Wajib" bagi seluruh ASN Kementerian Agama untuk melakukan presensi kehadiran menggunakan Aplikasi PUSAKA. 


Hal tersebut langsung disikapi oleh Kepala BDK Palembang, Dr. Saefudin, S. Ag., M. Si dengan berkoordinasi dengan Kasubbag Tata Usaha, Mukmin, S.H.I, M.Sy menyampaikan Surat Instruksi bagi seluruh ASN BDK Palembang (PNS dan Honorer) tanpa terkecuali untuk dapat melakukan presensi dengan menggunakan aplikasi PUSAKA dan untuk kelancaran proses presensi tersebut pada selasa (31/1) diadakan sosialisasi mengenai hal tersebut. 


Mengingat beberapa pegawai yang sedang melaksanakan tugas kedinasan yaitu Pelatihan Diwilayah Kerja di  Kabupaten Sungai Lengit, Kabupaten Pangkal Pinang dan Kabupaten Pesawaran, maka sosialisasi diadakan melalui daring dengan memanfaatkan Aplikasi Zoom Meeting. Selain itu turut hadir dan bertindak sebagai moderator yaitu Kasubbag Tata Usaha,Mukmin,S.H.I.,MSy. 


Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala BDK Palembang, dalam kata sambutannya beliau menyampaikan "Terkait Penggunaan Aplikasi PUSAKA yang sudah menjadikan keharusan bagi seluruh ASN Kemenag dan untuk kelancaran proses presensi maka kita sudah berkomunikasi dengan Badan Litbang dan Diklat untuk melaporkan IP Address yang akan dipergunakan sebagai akses presensi menggunakan Aplikasi PUSAKA. Dalam penggunakan Presensi Kehadiran tidak sulit, para pegawai tinggal memasukkan NIP dan Password yang sama dengan website ropeg. Namun jika terkendala dalam proses loginnya, dapat segera dikomunikasikan dengan Tim Kepegawaian agar segera direset akunnya” 


Dalam pelaksanaan presensi menggunakan Aplikasi PUSAKA nantinya seluruh pegawai dapat menginstall Aplikasi PUSAKA, bagi pengguna android melalui Playstore dan bagi pengguna IOS melalui Appstore. 


Untuk kelancaran bagi pegawai yang akan menggunakan Aplikasi PUSAKA yang dilaksanakan hari ini (01/02) maka dalam sosialisasi tersebut dipaparkan mengenai tutorial penginstalan aplikasi sampai dengan penggunaan presensi. Hal tersebut dipaparkan oleh Prasiska Adela Susilowati, S. Kom (Prakom) dengan didampingi oleh Hairoyati, S. E. (Analis Kepegawaian). Adela dalam paparannya menyampaikan bahwa “Penggunaan Aplikasi PUSAKA tentunya tidak hanya sebagai media presensi, namun juga telah tersedia banyak layanan diantaranya pendaftaran haji, pendaftaran nikah, sertifikasi halal, video pembelajaran, daftar lembaga pendidikan, Simpatika dan beberapa layanan lainnya.” 


Selain menyiapkan tutorial Aplikasi PUSAKA, Kepala BDK Palembang melalui Kasubbag Tata Usaha telah memerintahkan Pranata Komputer dan Analis Kepegawaian yang sedang berada dilokasi Pelatihan Diwilayah Kerja untuk melakukan pendampingan dalam penggunaaan Aplikasi PUSAKA.