7 Indikator Pemimpin Berkarakter
  • 1 Juli 2021
  • 9401x Dilihat
  • Berita

7 Indikator Pemimpin Berkarakter

PALEMBANG (1/7) – BDK Palembang mengadakan pelatihan jarak jauh (PJJ) pertama tahun ini. Salah satu PJJ yang digelar adalah Pelatihan Revolusi mental Angkatan III yang diselenggarakan dari tanggal 24 - 30 Juni 2021. Sesuai namanya, PJJ ini diselenggarakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi video conference, antara lain Zoom Meeting dan Moodle.

Pada hari kelima PJJ, H. Gusman, S.Ag, M.Pd menjadi salah satu pemateri. Gusman yang merupakan widyaiswara BDK Palembang tersebut mengajarkan tentang “Konsep Dasar Pemimpin Berkarakter”.

Sebelum masuk ke materi “Konsep Dasar Pemimpin Berkarakter”, Gusman menjelaskan kembali apa itu revolusi mental. Menurutnya revolusi mental merupakan gerakan hidup baru dengan mengubah cara pandang, cara berpikir dan cara kerja.

Gusman mengatakan jika pemimpin berkarakter adalah seseorang yang mampu memberikan arahan, mengendalikan dan memberdayakan suatu sistem yang akan dibuat demi mencapai tujuan yang diinginkan. Unsur-unsur karakter pemimpin antara lain meliputi sikap, kemauan, kebiasaan, kepercayaan dan emosi.

Ada setidaknya 7 Indikator Pemimpin berkarakter, yaitu: kesadaran diri; memperlakukan orang lain atas dasar persamaan derajat serta memiliki empati; terbuka dengan ide-ide, opini atau saran dari orang lain; menghargai pesaing; cerdas, teliti dan tangguh; memiliki rasa kehormatan dan disiplin pribadi; memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mengutamakan team work, kreatif dan inovatif.