BDK Palembang Satker Tebaik dalam Menggunakan CMS
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 11 Februari 2023
  • 192x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Satker Tebaik dalam Menggunakan CMS

PALEMBANG - Berdasarkan Surat Dari Dirjen Pembendaharaan Kanwil Dirjen Pembendaharaan Provinsi Sumatera Selatan KPPN Palembang Nomor: S-422/KPN.0701/2023 Tertanggal 10 Februari 2023 Tentang Monitoring Penggunaan CMS pada Rekening Virtual Pengeluaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Palembang Triwulan IV 2022.


Disebutkan bahwa dalam rangka menanggulangi penyimpangan dalam pengelolaan kas yang dapat menimbulkan kerugian negara. Maka Kementerian Keuangan meluncurkan salah satu rencana aksi ialah melakukan upaya peningkatan budaya cashless melalui identifikasi dan sosialisasi untuk mendorong penggunaan Cash Management System (CMS) dan implementasi transaksi non tunai.


BDK Palembang sendiri telah menerapkan penggunaan CMS sejak Tahun 2019 dalam hal honorarium dan transport bagi Narasumber dan peserta pelatihan, honorarium OJS dan KJM Widyaiswara. 


Penggunaan CMS sendiri dirasakan manfaatnya tetutama kemudahan dalam transaksi  keuangan non tunai.


Berdasarkan Surat Monitoring Penggunaan CMS pada Rekening Virtual Pengeluaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Palembang Triwulan IV 2022 tersebut, BDK Palembang diapsesiasi sebagai Satuan Kerja "Terbaik" dalam Pengguna CMS dengan 5923 transaksi.


Dalam data perbankan atas penggunaan CMS sendiri pada rekening virtual pengeluaran hingga Desember 2022, dari 325 rekening virtual yang ada, baru 84 (25,85%) yang tercatat telah menggunakan CMS. Sementara itu, 241 (74,15%) rekening virtual belum menggunakan fitur CMS sama sekali.


Torehan prestasi tersebut juga disusul oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Selatan dengan 3419 transaksi, dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan 2550 transaksi. 


Di konfirmasi Tim Medinfo, Dr. Saefudin,S.Ag.,M.Si Kepala BDK Palembang menyampaikan ungkapan rasa syukurnya atas torehan prestasi tersebut. "Alhamdulillah, satu torehan prestasi kembali kita raih. BDK Palembang terbaik 1 dari 325 satker dalam penggunaan CMS terbanyak."


Tidak lupa beliau haturkan rasa terima kasih atas prestasi yang telah diraih oleh BDK Palembang.


"Terima kasih pada semua tim yg telah bekerja keras, ini adalah buah dari hasil kebersamaan, kerja keras dan kerja konsisten kita selama ini. Kita tetap pertahankan dan tingkatkan kinerja kita kearah yang lebih baik, bersama kita bisa".


Selamat BDK Palembang, Demi CINTA untuk CINTA.