BDK Palembang Tingkatkan Kompetensi Wawasan Kebangsaan dan Kemasjidan modern
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 13 Maret 2023
  • 159x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Tingkatkan Kompetensi Wawasan Kebangsaan dan Kemasjidan modern

Tentara menginap dibarak asrama

Sudah sembahyang belajar agama

Selamat datang Balai Diklat Agama

Segala kekurangan mohon diterima

 

Muara Enim (13/3), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim Dr. H. Hasanudin, S.Ag, M.H.I menyapa dengan pantun pada pembukaan Pelatihan Di Wilayah Kerja Teknis Wawasan Kebangsaan Angkatan I dan PDWK Manajemen Kemasjidan Angkatan III dilingkungan Kankemenag Muara Enim.

 

Hasanudin mengucapkan terima kasih kepada Balai Diklat Keagamaan Palembang karena Muara Enim sudah menjadi salah satu tempat pelaksanaan PDWK di tahun ini, guna meningkatkan kompetensi pegawai dibidangnya masing-masing. Dan kepada peserta id berharap dapat mengikuti pelatihan dengan serius.

 

“ikutilah pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, karena kedua pelatihan ini merupakan program unggulan kementerian agama yaitu mengenai wawasan kebangsaan dan bagaimana mengelola masjid lebih modern dan terkini” pesannya.

 

Ia juga berpendapat “Jika kita berbicara mengenai wawasan kebangsaan ingatlah 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-undang konsitusi negara, Bentuk negara yaitu Negara Republik Indonesia dan Keragaman yaitu satu Bhineka Tunggal Ika dengan tujuan membentuk masyarakat yang adil dan makmur” jelasnya.

 

Menurutnya manusia saling ketergantungan, manusia perlu persatuan tidak dapat hidup sendirian. Kita diharapkan dapat membangun sebuah sistem dimana semua manusia bertuhan. Bangsa dan agama adalah dua sisi yang disatukan tidak untuk terpecah belah.

 

“Pada manajemen kemasjidan diperlukan susunan pengurus masjid, pengelola administrasi dan pengelola pemakmuran. Kepala masjid harus melaporkan perkembangan kepada Kankemenag agar diketahui perkembangannya” tambahnya sembari membuka PDWK

 

Pembukaan dihadiri oleh Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kab. Muara Enim, Kepala Madrasah Aliyah, Kepala Madrasah Tsanawiyah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Widyaiswara BDK Palembang Dr. H. Syarif Husein, S.Ag, M.Si, H. Sudharmono, Lc, M.Sy, Atika Yusni Ferdina, M.B.A, Husnawiyah, S.Pd.I, MM beserta panitia pelaksana BDK Palembang. PDWK ini diikuti oleh 75 orang peserta yang dilaksanakan selama 6 hari mulai dari tanggal 13 s.d 18 Maret 2023 di MAN 1 Kabupaten Muara Enim