Pelajari 3 Aplikasi Sekaligus, Peserta PDWK OKU Antusias
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 15 Februari 2023
  • 166x Dilihat
  • Berita

Pelajari 3 Aplikasi Sekaligus, Peserta PDWK OKU Antusias

BATURAJA (15/2) - Di hari ketiga pelaksanaan PDWK Peningkatan Kinerja Staf di Kemenag Kabupaten OKU, peserta mengikuti mata pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Komputer. Tepat pukul 07.30 WIB bersama Atika Yusni Ferdina, M.B.A. selaku Widyaiswara, peserta membuka mata pelatihan tersebut dengan pengenalan dasar komputer.


Setelah diputarkan video singkat tentang sejarah komputer, peserta diminta mengulang kembali ciri khas dari masing-masing generasi perkembangan komputer. Paizar Agus, salah satu peserta menyebutkan ciri khas komputer di generasi pertama yaitu berukuran sangat besar, yaitu seberat 30 ton atau setara dengan truk batubara yang sering melintas di depan rumahnya. Peserta memang diajak untuk mengingat pembelajaran dengan analogi di sekelilingnya agar lebih mudah diingat, apalagi dalam proses pembelajaran orang dewasa (andragogi) dimana keterlibatan peserta berperan besar untuk kesuksesan pembelajaran.


setelah menyampaikan beberapa teori pengenalan komputer, Widyaiswara kelahiran tahun 1993 tersebut mengajak peserta untuk praktik langsung mengoperasikan aplikasi komputer. Dalam rancangan pembelajaran, peserta diharapkan dapat menguasai dasar-dasar pengoperasian aplikasi pengolah kata (microsoft word), aplikasi pengolah data/angka (microsoft excel) dan aplikasi pengolah presentasi (microsoft powerpoint).


pada praktik pengoperasian microsoft word, peserta diajak untuk membuat surat dengan baik dan benar. Dipilihnya surat karena pada mata pelatihan sebelumnya yaitu Tata Persuratan, peserta sangat aktif dan antusias, karena memang sebagian besar peserta bersentuhan langsung dengan aktivitas membuat surat dalam tupoksinya sehari-hari.


setelah seluruh peserta mampu membuat surat dengan beberapa tools dalam aplikasi, peserta kemudian diajak mengoperasikan microsoft excel. Dimulai dengan mempelajari rumus aritmatika sederhana, diakhir pembelajaran peserta sudah menguasai rumus lanjutan seperti if majemuk, data validation, vlookup, hlookup, dsb.


Seluruh peserta antusias mengikuti pembelajaran mata pelatihan tersebut, terutama saat peserta diminta melempar pertanyaan tentang permasalahan yang sering dihadapi selama menggunakan aplikasi komputer. Bahkan setelah kelas diakhiri, beberapa peserta masih menghampiri widyaiswara dengan membawa laptop untuk menanyakan beberapa hal terkait pembelajaran aplikasi komputer tersebut, walaupun keesokan hari, pembelajaran masih akan dilanjutkan dengan materi terkait microsoft powerpoint sebanyak 3JP.


“Walaupun pembelajarannya hanya aplikasi sederhana, saya yakin dengan antusias peserta seperti ini bisa memberikan outcome berupa perubahan positif pada kinerjanya (peserta)” tutur Atika.