ARUS GLOBALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH
  • 31 Oktober 2020
  • 718x Dilihat
  • Artikel

ARUS GLOBALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH

ARUS GLOBALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH

Oleh: Dr. H. Syarif Husain, M.Si.

 

Abstrak

Tulisan ini memaparkan tentang tentang arus globalisasi Pendidikan, khususnya tentang Pendidikan Agama Islam di sekolah, yang meliputi tentang pengertian pendidikan, pendidikan agama Islam, tujuan pendidikan agama Islam secara umum dan di sekolah serta arus globalisasi pendidikan agama Islam di sekolah.

Kata Kunci : globalisasi, Pendidikan Agama Islam, Sekolah

 

Pendahuluan

 Globalisasi merupakan suau istilah yang memiliki hubungan dan keterkaitan antar manusia dan antar bangsa di dunia melalui berbagai bidang seperti melalui perdagangan, traveler, investasi, budaya, bdaya dan etika, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain. Adapula yang berpendapat bahwa globalisasi lahir ditandai dengan munculnya sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global. Menurut Azyumardi Azra (1999 : 43) menyebutkan bahwa globalisasi sebenarnya bukanlah fenomena baru sama sekali bagi masyarakat-masyarakat Muslim Indonesia. Perbentukan dan perkembangan masyarakat Muslim Indonesia bahkan berbarengan dengan datangnya berbagai gelombang global secara konstan dari waktu ke waktu.  

Seperti banyak gejala lain, globalisasi ditandai ambivalensi, yaitu tampak sebagai “berkah” di satu sisi tetapi sekaligus menjadi kutukan di sisi lain. Tampak sebagai “kegembiraan” pada satu pihak tetapi sekaligus menjadi “kepedihan” di pihak lainnya. Ciri ambivalensi seperti ini dalam globalisasi adalah persoalan sentral yang maha penting. Di situ terletak locus problematicus yang menyimpan tangtangan bagi dunia pendidikan sekolah maupun madrasah, demikian amenurut Mohamad Surya (2003 : 25).

Versi lengkap Download disini /upload/files/12.%20Syarif%2C%20Web%2C%20Edisi%20Oktober%202020%2C%20Arus%20Globalisasi%20PAI%20di%20Sekolah.pdf