Asesmen Kompetensi Madrasah untuk Data Diagnostik Perbaikan Pembelajaran
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 Oktober 2022
  • 177x Dilihat
  • Berita

Asesmen Kompetensi Madrasah untuk Data Diagnostik Perbaikan Pembelajaran

"Asesmen Kompetensi yang telah dilakukan pada siswa madrasah secara serentak pada 19 September-1 Oktober 2022 diharapkan dapat menghasilkan data diagnostik yang dapat memperbaiki pembelajaran. Para penulis modul dan instruktur bimtek tindak lanjut hasil AKMI diharapkan dapat meramu intervensi perbaikan pembelajaran berbasis literasi tersebut hingga bisa meningkatkan kompetensi literasi siswa kita”, tegas Dr. Suwardi, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi, Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama dalam pembukaan kegiatan Pengembangan Modul Bimtek Tindak Lanjut AKMI secara tatap muka yang dilaksanakan pada 30 September-2 Oktober 2022 di Sapphire Sky Hotel Serpong, Banten. 


Kegiatan ini diikuti para penulis modul dan kordinator penulis instrumen serta tim pakar modul dan instrumen. Salah satu widyaiswara BDK Palembang, Dr. Agustina, mengikuti kegiatan sebagai penulis modul Literasi Membaca. Pada kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, sebanyak 18 buah modul yang telah ditulis oleh 36 penulis dan telah melalui review internal diajukan untuk kembali direview kali ini oleh tim reviewer eksternal. Dalam review ini, para penulis modul diingatkan oleh para reviewer eksternal yang berasal dari para pakar di bidangnya, untuk dapat merancang sebuah modul yang dapat memantik kreativitas guru dalam menciptakan pembelajaran yang kaya literasi, terutama tujuannya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memahami sebuah bacaan dan menindaklanjuti hasil pemahamannya tersebut dalam kehidupannya.


Agustina sendiri menyebutkan harapannya agar modul-modul yang akan digunakan dalam lokakarya nasional sekitar pertengahan Oktober ini juga dapat bermanfaat bagi para fasilitator dan para guru untuk bisa mengembangkan pembelajaran berbasis literasi secara kreatif dan inovatif untuk siswa madrasah. “Guru diberikan ruang seluas-luasnya untuk dapat berkreasi menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dalam meningkatkan literasi siswanya.