Balitbang Diklat Akan Jadi BMB-PSDM, Suyitno Kenalkan 4 Program Utamanya
  • BDK Palembang
  • 17 Desember 2022
  • 255x Dilihat
  • Berita

Balitbang Diklat Akan Jadi BMB-PSDM, Suyitno Kenalkan 4 Program Utamanya

Palembang, Medinfo BDK Palembang. 

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia akan bertransformasi dengan nama baru yaitu Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMB-PSDM). Kepala Balitbang dan Diklat, Suyitno saat menjadi narasumber Wawasan Kebangsaan Bagi ASN di Aula Kanwil Kemenag Sumsel mengatakan, setidaknya ada empat program yang menjadi garapan lembaga ini.


Suyitno mengatakan empat program dengan istilah catur program tersebut meliputi Pertama Transformasi Digital, Kelembagaan dan Sarana Prasarana, Kedua Pemetaan dan Penataan SDM, Ketiga Penguatan Base-line Kebijakan Bidang Agama dan Layanan Keagamaan, Keempat Jaminan Mutu dan Zona Integritas.


“Empat program utama ini yang menjadi core business-nya nanti adalah memastikan transformasi kelembagaan,” tuturnya.


Catur Program tersebut sejalan dengan tugas dan fungsi Kementerian Agama yakni pelaksanaan program dan pelayanan Agama dan Keagamaan. BMB-PSDM, menjadi lembaga utama sebagai “Dapur“ bagi Kebijakan Bidang Agama dan Layanan Keagamaan.


Seperti rujukan utama kebijakan Agama (Indeks KUB, Indeks Kesalehan, Indeks Moderasi), dan Layanan Keagamaan (Indeks KUA, Indeks Haji dan Halal) serta Penilaian Buku Keagamaan dan Pusat Layanan Al Quran.


"Jika Balitbang dan Diklat bertransformasi, maka PR tentang Moderasi Beragama menjadi sangat luar biasa. Dimana akhir-akhir sangat ramai Polarisasi di media sosial", lanjut Suyitno,



Suyitno diakhir penyampaian materinya mengajak jajaran ASN Kementerian Agama terutama peserta yang berasal dari pejabat dilingkungan Kementerian Agama Se-Sumsel tersebut dapat mengawal hal ini sehingga menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya dari perspektif intoleransi". (Tim)