BDK Padang dan BDK Palembang, Tukar Inovasi dan Informasi   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 18 Januari 2024
  • 37x Dilihat
  • Berita

BDK Padang dan BDK Palembang, Tukar Inovasi dan Informasi  

PALEMBANG (19/1) – Pada Kamis (18/1) lalu, BDK Palembang mendapat kunjungan dari tamu yang istimewa. Mereka adalah rombongan pegawai BDK Padang yang dipimpin langsung oleh Kepala BDK Padang, Drs. H. Risani, M.H. Kunjungan tersebut dalam rangka benchmarking terkait inovasi kediklatan di BDK Palembang, khususnya sistematika publikasi konten digital El-TV.

 

Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. menyambut langsung kedatangan rombongan dengan sukacita. Ia didampingi oleh Plh. Kasubbag Tata Usaha Iwan Sugianto, S.Kom., M.Pd.I., Koordinator Widyaiswara H. Sudharmono, Lc., M.Sy., serta para katim dan pegawai BDK Palembang. Tim BDK Padang yang beranggotakan 15 orang disambut di Meeting Room BDK Palembang.

 

Kepada tim BDK Padang, Saefudin menyampaikan ucapan selamat datangnya. Ia juga memaparkan inovasi andalan BDK Palembang, El-TV.

 

“El-TV ini awalnya bernama BDK TV, yang kemudian diakuisisi oleh Balitbang Diklat Kemenag, diambil alih menjadi “El-TV”,” terang Saefudin. Ia menjelaskan bahwa dalam pengembangan BDK TV, ia dan tim memperkuat wawasan teknis pembuatan konten dengan melakukan study banding ke berbagai stasiun televisi.

 

“Saya survei ke MNC TV, saya survei ke TVRI. Kami juga menjalin kerjasama dengan stasiun TV lokal, Pal TV,” beber Saefudin. Menurutnya, dari segi infrastruktur dan peralatan, El-TV sudah cukup mumpuni. PR berikutnya adalah mengembangkan SDM yang handal dalam memproduksi konten secara berkelanjutan.

 

Di sisi lain, Risani menyampaikan rasa terima kasih karena timnya telah disambut dengan baik oleh BDK Palembang.

 

“Ini bagi kami suatu kehormatan,” ujar Risani. “Dan silaturahmi ini akan kita lanjutkan seterusnya.” Risani yang juga didampingi Kasubbag Tata Usaha BDK Padang, Apriyanto, S.Ag., M.A. kemudian memperkenalkan anggota tim kunjungannya satu per satu.

 

“Terkait TV (El-TV), kami siap menjadi koresponden. Karena El-TV ini nasional sifatnya,” ujar Risani.

 

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan inovasi BDK Padang oleh Apriyanto. BDK Padang sendiri telah memaksimalkan potensi dari koperasi kantor, serta berencana mendirikan klinik di masa mendatang yang akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Niat tersebut diawali dengan pengadaan tenaga perawat dan dokter di BDK Padang.

 

Koperasi BDK Padang sendiri memiliki berbagai program, salah satunya adalah pinjaman insidentil. Pinjaman insidentil ini sendiri merupakan dana pinjaman yang dicairkan untuk pegawai BDK Padang yang memiliki keperluan mendesak, seperti pengobatan keluarga ataupun biaya pendidikan yang mendesak. Menariknya, pinjaman ini memiliki bunga 0 persen.

 

“Untuk sekarang kita juga menyediakan kredit dalam bentuk barang, bukan dalam bentuk pinjaman uang. Kita tidak lagi menjalankan sistem simpan pinjam dalam bentuk uang,” terang Apriyanto. Lebih lanjut, ia mengatakan jika sudah banyak pegawai BDK Padang yang menjadi mitra koperasi dalam hal pengadaan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. 

 

“Kooperasi BDK Padang juga punya Waserda, Warung Serba Ada. Kebutuhan kantor, termasuk pencetakan dokumentasi pelatihan, itu dilakukan di sini,” pungkas Apriyanto. Kooperasi BDK Padang juga telah terlibat langsung dalam proses pengadaan barang dan jasa di BDK Padang, bahkan telah terdaftar di e-katalog.

 

Kunjungan ditutup dengan tur berkeliling kantor BDK Palembang, diakhiri di Studio El-TV tempat Kepala BDK Padang menjadi host dalam konten talkshow El-TV. BDK Padang menghaturkan terima kasih kepada BDK Palembang, serta menantikan kunjungan balasan dari BDK Palembang ke BDK Padang. (Ed_)