BDK Palembang Ajarkan Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembuatan Kelas Online
  • 8 Februari 2022
  • 380x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Ajarkan Pemanfaatan Google Classroom dalam Pembuatan Kelas Online

PALEMBANG (8/2) - Hari ini, Selasa (8/2) merupakan hari kedua Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kali ini, yang memberikan materi adalah widyaiswara madya BDK Palembang, Elsy Zuriyani, S.Si, M.Pd. Beliau menyampaikan materi Pembuatan Kelas Online Menggunakan Aplikasi Populer kepada peserta yang semuanya merupakan guru yang berjumlah 35 orang pada kelas tersebut.

Tujuan mata pelatihan ini adalah menjelaskan manfaat pembuatan kelas online menggunakan aplikasi populer dan menganalisis langkah-langkah pembuatan kelas online. Diharapkan peserta dapat membuat kelas online menggunakan aplikasi populer. Kelas online adalah proses belajar mengajar yang memanfaatkan internet atau media digital untuk menyampaikan materi kepada para siswa.

Kelas online ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya adalah komunikasi guru kepada siswa bersifat unlimited kapan saja, dimana saja, selama ada koneksi internet, student centered learning, model evaluasi kepada siswa bisa bervariasi, bisa melalui e-quiz, games, e-portofolio, dan orang tua bisa memonitor tugas atau pembelajaran siswa. Pembelajaran online juga memiliki kekurangan yaitu kurangnya tim mengajar kelas virtual, konten pembelajaran, integritas akademis, penilaian, rawan plagiarism dan akses terbatas. 

Pada kesempatan kali ini, peserta diperkenalkan dengan aplikasi Google Classroom, Edmodo dan Scoology. Guru-guru diajarkan bagaimana penggunaan Google classroom, langkah-langkah pembuatan Google classroom, mulai dari pembuatan kelas, penggantian tema, menambahkan pengumuman, menambahkan penugasan, membuat pertanyaan/diskusi, mengundang siswa, cara siswa bergabung, menilai tugas yang dibuat oleh siswa. Dengan aplikasi ini memudahkan guru dalam menilai tugas siswa dan tidak membutuhkan banyak berkas yang harus dikoreksi oleh guru tersebut.