BDK Palembang Disambangi Tim Audit Penjaminan Mutu Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan
  • BDK Palembang
  • 23 November 2022
  • 250x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Disambangi Tim Audit Penjaminan Mutu Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan

PALEMBANG (23/11) – Dalam rangka audit penjaminan mutu pelatihan, BDK Palembang kali ini disambangi oleh tim Audit Penjaminan Mutu Pelatihan Teknis Pendidikan dan Keagamaan. Tim tersebut beranggotakan Dr. H. Aep Syaefudin F, M.Pd. dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan H. Abdul Jalil, M.A., widyaiswara dari Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kemenag RI. 


Kedatangan mereka disambut oleh Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang Mukmin, S.H.I., M.Sy. dan segenap tim Penjaminan Mutu BDK Palembang. Kepada Aep dan Jalil, Mukmin membacakan laporan singkat kediklatan BDK Palembang serta salam dari Kepala BDK Palembang Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. yang belum bergabung dikarenakan dinas luar.

“Salam takzim dari kabalai yang belum bisa bergabung bersama kita. Beliau saat ini tengah mengikuti kegiatan Rakorwas di Jakarta,” terang Mukmin dalam pembukaan kegiatan audit di Ruang Rapat BDK Palembang. “Selamat datang kepada Tim Audit Penjaminan Mutu di Palembang, Bumi Sriwijaya. Mohon tim dapat memberikan arahan dan bimbingan, sehingga kami dapat lebih meningkatkan kinerja selaku penyelenggara pendidikan dan pelatihan.”


Kepada tim BDK Palembang, Jalil mengatakan jika tugas mereka mengacu kepada PMA No,42 Tahun 2016, dimana mereka memastikan bahwa BDK Palembang telah menyelenggaraan pelatihan yang sesuai dengan standar mutu.


“Saya dan Pak Aep bukan ditugaskan untuk mencari kesalahan, tetapi untuk melakukan sharing dan memberikan masukan-masukan konstruktif untuk dipertimbangkan BDK Palembang dalam melakukan perbaikan,” ujar Jalil.


Setelah itu, Aep pun turut menjelaskan tentang pentingnya penjaminan mutu dalam lingkungan lembaga diklat di Kemenag. “Apa yang disebut sebagai quality improvement adalah bahwa penjaminan mutu itu tidak pernah selesai. Mutu harus selalu diupayakan bersama untuk makin meningkat,” ucap Aep. “Audit ini diharapkan dapat menjadi salah satu pengukuran dalam upaya peningkatan kualitas diklat BDK Palembang, dan jika memang ada eviden yang perlu diupdate, silakan dilengkapi saja.”


Audit penjaminan mutu adalah audit yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali di lingkungan lembaga pendidikan dan kepelatihan Kementerian Agama. Proses pemeriksaan yang dilakukan oleh Aep dan Jalil akan berlangsung hingga 25 November 2022 mendatang.