BDK Palembang Gelar Pelatihan Reguler Penguatan Moderasi Beragama Pasca Lebaran
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 April 2024
  • 25x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Gelar Pelatihan Reguler Penguatan Moderasi Beragama Pasca Lebaran

Palembang, 22 April 2024 - Setelah libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang kembali mengadakan program pelatihan reguler di kampusnya. Terdapat tiga angkatan pelatihan yang digelar, yakni Pelatihan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama Angkatan I, Angkatan II, serta bagi Tenaga Kependidikan Angkatan VI. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 22 hingga 27 April 2024.

 

Sebanyak 115 peserta dari Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut serta dalam pelatihan ini. Ujar Ketua Panitia, H. Martadinata, S.Ag, M.M, dalam laporannya.

 

Upacara pembukaan secara resmi dibuka oleh Plh. Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang, Drs. Rudi Hermawan, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kehadiran para peserta dan menegaskan pentingnya pelatihan ini dalam meningkatkan wawasan, kompetensi, dan profesionalisme dalam bidang moderasi beragama.

 

"Moderasi beragama adalah kunci terwujudnya kerukunan dan toleransi antara umat beragama berbangsa dan bernegara, berdasarkan prinsip adil, berimbang, dan mentaati konstitusi negara," ungkap Drs. Rudi Hermawan.

 

Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa tujuan peserta mengikuti pelatihan ini sangat beragam, mulai dari peningkatan wawasan hingga mendapatkan sertifikat. Selamat datang juga disampaikan kepada peserta yang datang untuk pertama kalinya ke BDK Palembang.

 

Rudi berharap setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan menjadi lebih moderat, profesional, dan percaya diri dalam menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama, baik di lingkungan kerja maupun masyarakat. Ini diharapkan dapat memperkuat kerukunan dan toleransi di tengah-tengah masyarakat yang beragam. (Gta)