BDK Palembang jadi Lokasi CAT Survei IPMB
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 27 Desember 2022
  • 142x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang jadi Lokasi CAT Survei IPMB

PALEMBANG (27/12) - Sebanyak 85 orang pegawai negeri Kementerian Agama, termasuk seluruh ASN di BDK Palembang, pada Selasa (27/12) datang ke Ruang Rapat BDK Palembang untuk mengikuti Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) Kementerian Agama. Survei IPMB di BDK Palembang terbagi menjadi 3 sesi, yang masing-masing berdurasi 90 menit, dimana masing-masing sesi diisi sebanyak maksimal 32 orang responden. 


Survei IPMB dilaksanakan untuk mengukur tingkat profesionalisme dan tingkat moderasi beragama ASN Kemenag. Survei yang terdiri dari 28 pertanyaan tersebut berformat CAT (Computer Assisted Test) dan diselenggarakan secara serentak via aplikasi Safe Exam Browser di 1.160 titik lokasi yang ada di seluruh Indonesia. 


Dr. Nurudin, S.Pd.I., M.Si., Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenag membuka kegiatan survei tersebut secara daring via Zoom Meeting. Menurut Nurudin, Kemenag harus menjadi cerminan bagi masyarakat dalam berperilaku, yaitu dengan menunjukkan profesionalisme dan memberikan pelayanan prima. Survei ini bertujuan untuk mengukur indeks profesionalisme ASN Kemenag, agar diperoleh gambaran umum tentang kompetensi ASN di lingkungan Kemenag. 


“Sikap perilaku yang profesional, disiplin dan moderat merupakan transformasi ASN di Kemenag,” terang Nurudin dalam pembukaan Survei IPMB. Nurudin mengatakan jika pelaksanaan CAT Survei IPMB ini merupakan pelaksanaan CAT daring yang pertama dan terbesar di Indonesia dalam mengukur indeks profesionalisme dan moderasi beragama. Ke depannya, ia berharap hasil survei akan membentuk peta profesionalisme dan tingkat moderasi beragama ASN Kemenag di seluruh Indonesia. 


Pada momen yang sama, Menteri Agama RI H. Yaqut Cholil Qoumas juga turut menyampaikan sambutannya. “Pengukuran IPMB survei wajib dikuti oleh ASN Kemenag, baik pusat dan daerah. Hal ini bertujuan untuk mengukur tingkat profesionalisme dan moderat ASN,” ujar Yaqut. “Dengan izin Allah, Tuhan yang Maha Esa, saya Menteri Agama mengucapkan selamat mengikuti survei IPMB yang dilakukan oleh Biro Kepegawaian Kemenag di seluruh satker Kemenag,” imbau Yaqut kepada semua peserta CAT Survei IPMB sesi pertama di seluruh Indonesia. 


Selain itu, Sekretaris Jenderal Kemenag Prof. Dr. H. Nizal Ali, M.Ag. juga memberikan arahan kepada para peserta secara daring, langsung dari ruang kerjanya. “Transformasi ASN Kemenag menjadi ASN yg moderat adalah sebuah keharusan bagi ASN, harus menjadi agent of change,” ujarnya. Menurut Nizar, ASN Kemenag perlu mewujudkan dirinya sebagai ASN yang profesional dan memiliki kompetensi tinggi. “Profesional (berarti) mempunyai disiplin kerja yang tinggi, profesional harus menjaga nama baiknya (instansi),” sambung Nizar. 


CAT Survei IPMB kali ini merupakan gelombang pertama. Gelombang kedua yang diperuntukkan bagi panitia lokal dan pejabat Kemenag direncanakan digelar pada Januari 2023 mendatang.