BDK Palembang Laksanakan Pelatihan di Bintuhan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 13 Mei 2024
  • 48x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Laksanakan Pelatihan di Bintuhan

Bintuhan, Senin 13 Mei 2024. Kota yang merupakan perbatasan pesisir barat provinsi Lampung dengan provinsi Bengkulu merupakan salah satu tempat dimana Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang mengadakan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) sebanyak 2 angkatan, yaitu PDWK Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Bagi Tenaga Pendidikan Angkatan IX dan PDWK Publikasi Ilmiah Angkatan IV yang dimana masing-masing angkatan terdiri dari 40 peserta.

 

Drs.H.Muhammad Soleh, M.Pd.I selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur menyambut kedatangan Tim BDK Palembang yang tepat dihari ini akan melaksanakan agenda pembukaan kedua Pelatihan tersebut.

 

Pada kesempatan yang baik hari ini, Ketua Kankemenag Kabupaten Kaur akan membuka secara resmi di depan Ketua dan Tim Panitia PDWK serta seluruh 80 Peserta PDWK yang telah hadir.

 

Sebelum dibuka secara resmi, Hj.Mursidah,S.Ag.MM selaku Ketua Panitia yang mewakili, memberi sambutan sekaligus membacakan Laporan Ketua pada kegiatan PDWK pada wilayah Kementerian Agama Kabupaten Kaur.

 

Mursidah menyampaikan bahwasanya peserta yang mengikuti kedua PDWK ini merupakan Guru maupun Pengawas PNS ataupun Non PNS yang bekerja di lingkungan Kemenag Kabupaten Kaur

 

“Kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, terhitung mulai hari ini tanggal 13 Mei 2024 sampai hari sabtu 18 Mei 2024, di Kantor Kemenag Kabupaten Kaur.” Ujar Mursidah.

 

Selain mengenalkan Tim kepanitiaan PDWK BDK Palembang, Mursidah turut mengucapkan terima kasih atas bantuan Kemenag Kabupaten Kaur.

 

“Tentu kita sangat mengapresiasi dan sangat berterima kasih, karena Kemenag Kab. Kaur telah membantu memfasilitasi kegiatan ini sehingga PDWK ini dapat kami jalankan.” Tambah Mursidah

 

Kegiatan selanjutnya kata sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan PDWK di wilayah Kemenag Kab.Kaur, oleh Kepala Kankemenag Kab.Kaur, Drs.H.Muhammad Soleh, M.Pd.

 

“Hasil laut kabupaten Gurita

Enak dimasak dgn santan kelapa

Kalau toleransi moderasi kita jaga

Maka kehidupan kita akan sejahtera.”

 

Pantun pembuka Muhammad Soleh menitik beratkan kegiatan PDWK di Kaur saat ini harus betul betul serius dalam memahami dan mencari tahu peran kita dalam menjaga Toleransi dalam Moderasi Beragama di Indonesia.

 

“Saya menghimbau bahwa kita tidak hanya dituntut dalam bentuk mindset, tetapi juga prilaku kita di masyarakat, sehingga kita tidak menjadi pelopor dalam sifat maupun sikap intolerant dalam bermasyarakat.” Ujar Soleh

 

Pada sambutan penutup Soleh mengatakan moderasi beragama bukan hanya berbicara tentang suka atau tidak suka tapi moderasi beragama berbicara tentang rasa, sehingga kita dapat memahami mana yang pokok mana yang tidak pokok.

 

“Dengan ini saya nyatakan PDWK Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Bagi Tenaga Pendidikan Angkatan IX dan PDWK Publikasi Ilmiah Angkatan IV, RESMI SAYA BUKA.” Tutup Soleh.

 

Kegiatan ditutup dengan pemberian cindera mata BDK Palembang kepada Kepala Kankemenag Kabupaten Kaur, dan foto bersama dengan semua peserta. (dom)