BDK Palembang Peringati Hari Guru Nasional, Saefudin Bacakan Amanat Menteri Agama
  • BDK Palembang
  • 25 November 2022
  • 173x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Peringati Hari Guru Nasional, Saefudin Bacakan Amanat Menteri Agama

PALEMBANG (25/11) – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November 2022, BDK Palembang menyelenggarakan upacara bersama segenap pegawainya. Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar meski lapangan BDK Palembang sempat disapu hujan rintik pada Jumat (25/11) pagi itu.


Kepala BDK Palembang, Dr. H. Saefudin, S.Ag., M.Si. hadir dan menjadi pembina dalam upacara tersebut, sementara pelaksanaan upacara sendiri dipimpin oleh Yevi Grata Putra, S.Kom. dan dibawakan oleh Nanda Kamtari, S.Tr.Ak. Adapun petugas pengibar bendera pada upacara itu antara lain Irma Suryani, S.E., Muhammad Azwin, A.Md., serta Fian Nur Fajria, A.Md. Upacara juga dihadiri oleh Subkoordinator Diklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Mursidah, S.E., M.M.


Saefudin menyampaikan Amanat Menteri Agama dalam upacara peringatan tersebut. Amanat Menteri Agama yang juga dibacakan di seluruh satker Kemenag yang menyelenggarakan upacara pada hari itu berisi tentang apresiasi dan penghormatan kepada para guru yang telah mengabdi tanpa lelah dalam mencerdaskan anak-anak Indonesia.


Selain ucapan terima kasih, amanat tersebut juga menyampaikan permintaan maaf Menteri Agama mewakili Kementerian Agama. “Kami menyampaiakn permohonan maaf, jika ikhtiar kami belum optimal dalam memberikan layanan terbaik bagi para pahlawan tanpa tanda jasa. Benar bahwa Hari Guru Nasional adalah bentuk rekognisi. Namun, kami juga berkomitmen untuk terus berupaya agar para guru terus mendapat afirmasi,” ujar Saefudin.


Lebih lanjut, Saefudin menyampaikan 3 pesan utama dari Amanat Menteri Agama: (1) teruslah menjadi pribadi pembelajar; (2) pasca pandemi, Indonesia memasuki masa learning recovery. Guru perlu terus berinovasi dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi; (3) teruslah memperkuat moderasi beragama dan sukseskan Tahun Toleransi; serta (4) Kemenag berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru.


“Kementerian Agama memperjuangkan adanya skema baru, seperti penambahan kuota Pendidikan Profesi Guru (PPG) melalui jalur pembiayaan LPDP. Alhamdulillah, tahun ini ada penambahan signifikan, mencapai 11.200 kuota PPG,” pungkas Saefudin.


Mengutip potongan lirik lagu Hymne Guru, Saefudin mengatakan jika guru bagaikan pelita dalam kegelapan, laksana embun penyejuk, patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa.

“Selamat Hari Guru Nasional!” Saefudin menutup amanahnya.