BDK Palembang Utus 2 NP ASN Ikuti Pelatihan di Denpasar
  • 15 Maret 2022
  • 193x Dilihat
  • Berita

BDK Palembang Utus 2 NP ASN Ikuti Pelatihan di Denpasar

DENPASAR (15/3) - Balitbang Diklat Kementerian Agama RI mengadakan kegiatan "Peningkatan Kualitas Layanan Umum dan Rumah Tangga" yang diadakan di Discovery Kartika Plaza Hotel, Denpasar, Bali. Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang peserta yang semuanya berasal dari tenaga kerja honorer atau NP ASN (Non-pegawai ASN) dari lingkungan Balitbang Diklat Kemenag RI, Pusdiklat Tenaga Teknis dan Administrasi, serta Balai Diklat Keagamaan di seluruh Indonesia. BDK Palembang sendiri mengirimkan 2 orang pegawai non-PNS-nya ke kegiatan tersebut, antara lain Tari Resti Aprianty, S.Kom dan Rabiatul Adawiyah untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 13 s.d 15 Maret 2022. Kegiatan pada hari pertama berisi materi dari Kemenpan RB dan Pembukaan kegiatan NP ASN. Hari kedua dilanjukan dengan salat subuh berjamaah dan materi, sementara hari ketiga salat subuh berjamaah dan pembekalan rohani serta penutupan kegiatan.

Kegiatan Peningkatan Kualitas Layanan Umum dan Rumah Tangga ini bertujuan untuk menguatkan karakter NP ASN yang berakhlak dan moderat. Kedudukan dan peran NP ASN tidak hanya memberikan bantuan dan pelayanan teknis seperti pengetikan, penghitungan, pengantaran surat, penyiapan rapat dan lain-lain, melainkan juga memiliki peran dan fungsi pencari, pengolah, penyimpan dan penyebar informasi kepada pimpinan dalam mendukung pengambilan keputusan.

Ruang lingkup tugas NP ASN meliputi tugas rutin yang merupakan tugas-tugas umum yang hampir setiap hari dihadapi tanpa menunggu instruksi khusus dari pimpinan, tanpa menunggu waktu sudah harus dilaksanakan, sesuai dengan yang telah diterapkan dalam uraian tugasnya. Tugas melaksanakan instruksi yaitu tugas yang dilaksanakan bila ada instruksi khusus dari pimpinan dan dianggap sudah menguasai dan sudah diberi kepercayaab untuk menyelesaikan pekerjaan dimaksud.

NP ASN juga berikan pembelajaran mengenai prinsip etika pelayanan dimana NP ASN harus bisa membuat setiap orang merasa nyaman dan penting, mengerti akan kebutuhan pelanggan dan mengenali karakter pelanggan. Terdapat juga tips memberikan pelayanan prima kepada konsumen yaitu dengan menciptakan kesan pertama yang menyenangkan, memberikan nilai lebih, pandangan konsumen sebagai orang penting, berikan solusi dan bina hubungan baik. NP ASN juga diharapkan harus memperhatikan penampilan dan sikap dalam memberikan pelayanan. Dengan mengikuti pelatihan ini semoga para NP ASN dapat meningkatkan pelayanan di BDK Palembang.