Bekerjalah dengan Syukur dan Tingkatkan Kinerja   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 2 April 2024
  • 28x Dilihat
  • Berita

Bekerjalah dengan Syukur dan Tingkatkan Kinerja  

Palembang, 2 April 2024 - Balai Diklat Kepegawaian (BDK) Palembang menyelenggarakan acara orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Angkatan XXIII, XXIV, dan XV. Dalam acara tersebut, Ibu Amik Tri Istiami, S.Pd.,M.M dari Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI menyampaikan materi tentang "Pengenalan Jabatan".

 

Ibu Amik mengawali materinya dengan menjelaskan dasar hukum mengenai PPPK sebagai ASN, termasuk Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang PPPK, Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2020 tentang Jenis Jabatan yang Dapat Diisi Oleh PPPK, dan Surat Edaran Menpan RB Nomor 1127 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK.

 

Lebih lanjut, Ibu Amik menjelaskan bahwa meskipun memiliki status yang berbeda dengan PNS, PPPK juga memiliki peran penting dalam menjalankan roda pemerintahan. 

 

“Meskipun PPPK memiliki status yang bebeda dari PNS, tapi PPPK juga memiliki peran penting dalam melaksankan roda pemerintahan Negara. Dan tidak semua jabatan dapat diisi oleh PPPK” Ujar Amik

 

Ibu Amik kemudian membagikan kisah inspiratif tentang rasa syukur dan kerja ikhlas. Beliau menceritakan tentang seorang santri yang diajari oleh gurunya untuk bekerja dengan ikhlas, meskipun gajinya tidak sesuai dengan harapan. Santri tersebut awalnya protes, namun gurunya menjelaskan bahwa Tuhan akan memberikan kesehatan dan rezeki yang lebih jika kita bekerja dengan ikhlas.

 

Ibu Amik menegaskan bahwa apa yang kita lakukan terhubung dan terkoneksi dengan rezeki kita. Beliau mengajak para PPPK untuk tidak hanya memikirkan gaji dan tunjangan, tetapi fokuslah pada memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sebagai penutup, Ibu Amik memberikan tiga pesan penting bagi para PPPK untuk meningkatkan kinerja dan karirnya yaitu Selalu jaga etikat baik, Tingkatkan kinerja dan teruslah belajar serta mengembangkan diri.

 

Pesan Ibu Amik diharapkan dapat memotivasi para PPPK di Palembang untuk bekerja dengan penuh syukur, ikhlas, dan semangat, serta terus meningkatkan kemampuan dan keahlian mereka demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.