Belajar Penyusunan Jurnal Berstandar Internasional, Perwakilan Pengelola Jurnal Perspektif Ikuti Lokakarya di Bogor
  • 12 April 2022
  • 181x Dilihat
  • Berita

Belajar Penyusunan Jurnal Berstandar Internasional, Perwakilan Pengelola Jurnal Perspektif Ikuti Lokakarya di Bogor

BOGOR (13/4) - Perwakilan pengelola Jurnal Perspektif BDK Palembang mengikuti kegiatan "Lokakarya Pembangunan Jurnal Berstandar Internasional" di  The Sahira Hotel, Bogor pada 12 s.d. 15 April 2022. Lokakarya yang diselenggarakan oleh Balai Litbang Agama Jakarta tersebut dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag. pada Selasa (13/4) lalu.

Pada kata sambutannya, Abu Rokhmad menyampaikan harapannya untuk jurnal yang ada di lingkungan Kementerian Agama di tengah pergeseran keberadaan peneliti Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. "Kita sedang menghadapi dinamika yang begitu berpengaruh terutama terhadap perkembangan jurnal di Lingkungan Kementerian Agama. Sebagian besar peneliti yang dulunya berada di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama sekarang sudah pindah ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Hal ini (perubahan) pasti berdampak signifikan, namun harapan saya, perubahan ini tidak merusak capaian jurnal yang sudah dibangun selama ini. Tolong dipertahankan bahkan mimpi untuk menjadi jurnal bertaraf internasional mari sama-sama kita wujudkan," ujar Abu Rokhmad.

Abu Rokhmad juga berpesan untuk semua satuan kerja Kementerian Agama, terutama di bawah Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama untuk terus mempublikasikan capaian kinerjanya. Hal ini ditujukan agar masyarakat luas mengetahui kinerja dari Kementeria Agama. Selain itu, konsumsi media sosial oleh masyarakat luas saat ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh satuan kerja sebagai media untuk menyebarkan konten-konten yang positif, membangun dan mendorong  kerukunan dan perdamaian antar masyarakat.

Lokakarya yang diikuti oleh 80 orang peserta ini dilaksanakan untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam membangun jurnal berstandar internasional di lingkungan Kementerian Agama. Sementara itu, output yang diharapkan dari lokakarya ini berupa pedoman atau panduan penyusunan dan penerbitan jurnal berstandar internasional.

Untuk mendapatkan output yang diharapkan, di hari kedua pelaksanaan lokakarya diisi dengan penyampaian materi dan pengalaman oleh beberapa narasumber yang kompeten dalam bidang penyusunan jurnal, seperti Prof. Dr. H. Koeswinarno, M.Hum., dan beberapa pembicara dari BRIN dan pengelola jurnal Universitas yang sudah terindeks internasional.

Pada hari berikutnya akan dilaksanakan Sidang Komisi dengan harapan terbitnya rumusan draf buku Panduan Pengelolaan Jurnal Terindeks Internasional sebelum lokakarya ditutup pada 15 April.