Bhineka Tunggal Ika membuat Indonesia Bertahan
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 Mei 2023
  • 1869x Dilihat
  • Berita

Bhineka Tunggal Ika membuat Indonesia Bertahan

Semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara yang membuat Indonesia dapat bertahan hingga saat ini dengan damai dan beragam. Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs. H. Rusidi, M.M.,

Pada pembukaan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) 2 Angkatan yaitu PKG-PKB angkatan 3 dan Penguatan Moderasi Beragama bagi Tenaga Pendidikan angkatan 2 yang digelar di Aula MTs Negeri 1 Lahat, Kabupaten Lahat, Senin (22/5). Pelatihan tersebut terselenggara  berkat kerjasama dengan Balai Keagamaan Palembang. PDWK berlangsung dari tanggal 22 hingga 27 Mei 2023 yang di ikuti oleh 75 peserta dari unit kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat. 


“Dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika kita dapat mempersatukan lebih dari 700 bahasa daerah menjadi satu bahasa yaitu Bahasa Indonesia. Bahasa Jawa, Bahasa Komering, Bahasa Palembang, Bahasa Semende bisa membuat kita berkumpul disini di satu ruangan dengan berbeda-beda adat budaya” kata Rusidi  dalam sambutan pembukaannya. Turut hadir pengajar Widiyaiswara dari BDK Palembang, Drs. Basuki, M.Pd., Dra. Nelly Nurmelly, M.Pd., Drs. Syarif Hussain, M.Pd., dan Drs. Mhd. Soif, M.Pd. yang menemani laporan dari Ketua Panitia Bandar, SE., MM. 


Dalam bagian lain sambutannya, Rusidi mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada BDK Palembang dan Panitia penyelenggara yang hadir dan datang ke Kabupaten Lahat. 


"Mengikuti pelatihan ini sungguh nikmat sekali, dapat pengetahuan, dapat pengalaman, dapat makan siang dan di akhir pelatihan akan dapat juga uang saku, sungguh nikmat yang luar biasa buat Bapak Ibu peserta disini” ujarnya sambil tersenyum. 


Kepala Kemenag Kab. Lahat berharap BDK Palembang selalu mengadakan PDWK Kabupaten Lahat setiap tahunnya, agar adanya perubahan dan kemajuan bagi guru-guru madrasah yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Lahat.