Bina Apel Pagi: Mukmin Ingatkan Peran Penting ASN dalam Pelayanan Publik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 27 Maret 2024
  • 32x Dilihat
  • Berita

Bina Apel Pagi: Mukmin Ingatkan Peran Penting ASN dalam Pelayanan Publik

Palembang (Rabu, 27 Maret 2024), bertempat di lapangan Balai Diklat Keagamaan Palembang sebanya 152 peserta Orientasi PPPK Gelombang Ke-3 Se-Provinsi Sumatera Selatan mengikuti apel pagi yang dibina langsung oleh H. Mukmin, S.H.I, M.Sy Kasubbag Tata Usaha Balai Diklat Keagamaan Palembang didampingi oleh Panitia pelaksana Orientasi.

 

Dalam arahannya, Mukmin menjelaskan pentingnya peran Aparatur Sipil Negara (ASN) berdasarkan UU ASN Nomor 20 Tahun 2023. "ASN adalah pelaksanaan kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa," tegasnya.

 

Mukmin menyoroti peran media sosial dalam kehidupan masyarakat modern, yang saat ini sering disebut sebagai "netizen". "Hari ini kita berbuat kebaikan belum tentu kita akan mendapat pujian. Akan tetapi, kalau kita berbuat keburukan maka bisa dipastikan kita akan menjadi sorotan. Maka, berhati-hatilah dengan publik," pesannya.

Dia juga mengingatkan para ASN untuk tidak memposting status yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa. "Saat ini, orang atau netizen ketika melakukan protes cukup dengan siaran langsung di berbagai media sosial," ujarnya.

 

Mukmin menekankan bahwa era digitalisasi saat ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam berbagai proses administrasi. "Saat ini semuanya sudah terdigitalisasi. Mau ikut Diklat ada Aplikasi SIMDIKLAT, mau menikah ada SIMKAH, mau daftar haji ada Aplikasi SISKOHAT, dan masih banyak lagi lainnya," tambahnya.

 

Dengan demikian, peserta Orientasi PPPK diharapkan dapat memahami betapa pentingnya peran ASN dalam melayani masyarakat, serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, terutama di era digital yang semakin berkembang pesat.