• BDK Palembang
  • 21 Desember 2022
  • 297x Dilihat
  • Berita

"Catatan" awal menuju kebaikan kedepan

Baturaja (21/12), Balai Diklat Keagamaan Palembang melaksanakan Analisis Kebutuhan Pelatihan (AKP) dan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu dari tanggal 20 - 21 Desember 2022, yang diwakilkan oleh Sri Sunarti, M.Pd, Erwan, S.Ag, Purnawati, SE, dan Yosie Agustini, S.Si. 


Kegiatan AKP dan EPP dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ogan Komering Ulu dan dibuka langsung oleh Kasubbag Tata Usaha, Fahrul Amin, M.Pd.I. kegiatan ini diikuti oleh 70 orang sebagai responden. Saat sambutannya, Fahrul menyampaikan kepada segenap guru, pengawas, penghulu dan penyuluh serta segenap atasannya selaku responden untuk dapat mengisi instrumen dengan sebaik-baiknya sehingga instrumen ini dapat dijadikan rujukan BDK Palembang untuk melaksanakan pelatihan kedepannya. Masukan dari para responden merupakan catatan penting bagi BDK Palembang. 


Responden yang hadir cukup dapat mewakili alumni pelatihan dari OKU. Fahrul mengucapkan terima kasih kepada BDK Palembang yang telah menjadikan Kemenag Kab  OKU menjadi salah satu sasaran kegiatan ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu masukan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU dalam Rapat Kordinasi Wilayah Kerja Balai Diklat Keagamaan Palembang beberapa minggu lalu. Dengan adanya AKP dan EPP, Kankemenag Kab. OKU dapat memberikan beberapa masukan terkait pelatihan yang telah dilaksanakan di BDK Palembang selama ini. Diakhir sambutan, Fahrul memohon maaf kepada BDK Palembang karena Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKU belum bisa membuka kegiatan ini. 


TIM pelaksana AKP dan EPP yang diwakilkan Erwan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Kemenag Kab. OKU yang telah memfasilitasi tempat melaksanakan kegiatan ini. Instrumen yang telah dibagikan dapat diisi dengan sejujurnya agar BDK Palembang mengetahui kebutuhan pelatihan apa saja kedepannya untuk daerah OKU, pungkas Erwan. 


Teknis pengisian instrumen dijelaskan oleh Sri selaku salah satu tim AKP EPP di Kantor Kemenag Kab. OKU. Instrumen yang dibagikan kepada responden, terdiri dari instrumen AKP untuk tenaga administrasi, guru, pengawas, penyuluh dan penghulu, sedangkan instrumen EPP ditujukan kepada guru, alumni pelatihan, atasan, penghulu dan penyuluh. Instrumen terdiri dari dua bagian yaitu pilihan dengan skala dan uraian tentang pelatihan apa saja yang relah dan akan dibutuhkan. (sun)