Cegah Bullying bagian dari Moderasi Beragama
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 3 Juli 2023
  • 607x Dilihat
  • Berita

Cegah Bullying bagian dari Moderasi Beragama

PALEMBANG - Pemerataan moderasi beragama merupakan salah satu misi Kementerian Agama. Lembaga kediklatan di lingkungan Kemenag, khususnya BDK Palembang, berpartisipasi mewujudkan misi tersebut dengan menyelenggarakan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama.


Pada Senin (3/7), BDK Palembang menyelenggarakan sebanyak 3 angkatan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama, masing-masing dialokasikan bagi tenaga administrasi, tenaga pengajar dan penyuluh agama di lingkungan kerja BDK Palembang. Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. M. Arskal Salim G.P., M.Ag. turut hadir sekaligus membuka langsung pelatihan tersebut di Aula BDK Palembang.


Di hadapan 115 orang peserta serta panitia pelatihan, Arskal juga menyampaikan pentingnya pendekatan yang kreatif terhadap generasi Z dalam mengajarkan moderasi beragama. Menurutnya, generasi Z saat ini merupakan konsumen utama konten-konten digital, sehingga sangat rentan terpapar konten negatif.


Arskal mengungkapkan jika Balitbang Diklat Kemenag RI telah membuat buku sosialisasi moderasi beragama yang dipasarkan khusus untuk generasi Z. Buku tersebut, ujarnya, lebih banyak membuat konten visual daripada tulisan.


"Karena mereka (gen Z) itu 'more visual' daripada 'narrative'," terang Arskal.


Lebih lanjut, Arskal mengatakan jika moderasi beragama beranjak dari 4 indikator, antara lain: komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penerimaan terhadap tradisi. Sementara di lingkungan pendidikan seperti sekolah, keempat indikator tersebut dapat tercemar oleh perilaku bullying yang kerap terjadi. Pelajar gen Z rawan menjadi korban, bahkan pelaku bullying.


"Anti bullying adalah bentuk penguatan dari moderasi beragama," ujar Arskal. "Untuk memberantas bullying, perlu dibentuk komite anti-bullying untuk menguatkan moderasi beragama di lingkungan sekolah."


BDK Palembang menggelar sebanyak 3 angkatan pelatihan moderasi beragama. Ketiga angkatan pelatihan akan berlangsung selama 6 hari, pada 3-8 Juli 2023.