Dosen Unsri, Fiber Monado Sampaikan Materi Fisika Modern di Kelas BDK Palembang
  • 2 Februari 2022
  • 328x Dilihat
  • Berita

Dosen Unsri, Fiber Monado Sampaikan Materi Fisika Modern di Kelas BDK Palembang

PALEMBANG (2/2) - Pada Pelatihan Guru Fisika Madrasah Aliyah yang diselenggarakan BDK Palembang sejak 31 Januari lalu, terdapat materi Esensial Fisika Modern. Materi ini diberikan oleh Dr. Fiber Monado, M.Si, salah seorang tenaga pengajar jurusan Fisika FMIPA Universitas Sriwijaya yang diundang untuk menjadi pembicara di pelatihan kali ini. Kepada para peserta, beliau memberikan pembelajaran bagi para guru fisika se-provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu dan Kepulauan Bangka belitung.

Materi Esensial Fisika Modern menjelaskan bahwa fisika modern muncul karena fisika klasik tidak lagi mampu menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi pada materi yang sangat kecil. Dualisme dan besaran kuanta merupakan dasar dari fisika modern, diawali oleh hipotesa Planck yang menyatakan bahwa besaran energi suatu benda yang berosilasi tidak lagi bersifat kontinu namun bersifat diskrit (kuanta), dan muncul istilah fisika kuantum dan ditemukannya konsep dualisme partikel gelombang. 

Pada kesempatan itu juga dibahas mengenai model atom dan eksperimen Ernest Rutherford (1911), yang menyatakan bahwa atom merupakan bola yang berinti (+) dan elektron  tersebar disekeliling inti. Selain itu, Fiber juga menjelaskan tentang orbit elektron beserta rumusnya. Atom Bohr, spektrum hidrogen, deret spektral hidrogen, radioaktivitas alam dan buatan dan masih banyak lagi materi-materi yang diberikan dalam pembelajaran pelatihan guru fisika ini. 

Yang menarik lagi dalam pembelajaran ini mengenai fusi nuklir. Proses fusi nuklir membutuhkan energi yang besar untuk menggabungkan inti nuklir. Populasi penduduk dunia yang meningkat turut meningkatkan kebutuhan akan listrik, sementara pasokan energi semakin berkurang. Oleh karena itulah, pemerintah terdorong untuk membangun PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) dan r4eaktor nuklir seperti RSG GA Siwabessy yang berada di Jakarta, reaktor Tiga -2000 yang terdapat di Bandung, dan Reaktor Kartini yang bertempat di Yogyakarta.

Materi Esensial Fisika Modern yang disampaikan Fiber diharapkan akan dapat memberikan manfaat dan dapat diimplementasikan peserta kepada peserta didik dari guru-guru yang mengikuti pelatihan di BDK Palembang.