Dr. Asro’i, M.Pd Berikan Materi Penilaian SKP dalam PDWK di Kanwil Sumsel
  • 31 Maret 2022
  • 410x Dilihat
  • Berita

Dr. Asro’i, M.Pd Berikan Materi Penilaian SKP dalam PDWK di Kanwil Sumsel

PALEMBANG (31/3) - PDWK Teknis Penilaian Kinerja PNS pada Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 28 Maret s.d 2 April 2022. Pada Kamis (31/3) ini, pengajar yang memberikan materi adalah Dr. Asro’i, M.Pd Analis Kepegawaian Ahli Madya Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI. Asroi menyampaikan materinya “Penilaian Kinerja” yang berhubungan dengan penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Dalam pengajaran Asroi, peserta banyak sekali mendapatkan ilmu terkait SKP dengan pola baru yang mulai efektif berlaku sejak tahun 2022. Menurut Asro’i, terdapat beberapa aspek yang terkait dalam penyusunan SKP, antara lain Renstra, Perkin, Ortaker, Urjab dan SKP atasan. Prinsip penilaian kinerja sendiri antara lain: obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Penilaian aspek prilaku kerja berdasarkan PP 30/2019 yaitu orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, kerjasama, dan kepemimpinan, sedangkan berdasarkan PP 46/2011 yaitu orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerjasama dan kepemimpinan.

Penilaian SKP tahap 1 dan penilaian SKP tahan 2 akan digabungkan atau diintegrasikan, dimana nilai kinerja tahap 1 bulan Januari - Juni dan nilai kinerja tahap 2 bulan Juli - Desember diintegrasi maka akan menghasilkan nilai kinerja tahun 2021 dengan kategori baik. Asro’i juga memberikan contoh SKP lama dan mengajarkan cara perhitungan SKP. Ini sangat bermanfaat bagi peserta pelatihan yang masih sangat bingung dalam pembuatan SKP pola lama dan pola baru. Semoga dengan adanya materi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk peserta pelatihan.