Dr. Lilis Suryani, M.Si Sampaikan Materi Teknis Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu
  • 23 Maret 2022
  • 419x Dilihat
  • Berita

Dr. Lilis Suryani, M.Si Sampaikan Materi Teknis Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu

KEPAHIANG (25/3) - Widyaiswara BDK Palembang Dr. Lilis Suryani, M.Si menjadi pengajar pada PDWK (Pelatihan di Wilayah Kerja) Pembelajaran Tematik Madrasah Ibtidaiyah Angkatan VII di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang. Salah satu materi yang ia bawakan dalam PDWK tersebut adalah “Teknik Penilaian Pembelajaran Tematik Terpadu”.

Teknik penilaian merupakan metode atau cara penilaian yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi. Kompetensi dasar yang diharapkan dikuasai peserta setelah mengikuti pembelajaran ini adalah kemampuan menjelaskan berbagai teknik penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik, teknik penilaian sikap yaitu dengan observasi, penilaian diri dan penilaian antar peserta didik.

Teknik penilaian pengetahuan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik. Teknik penilaian ini bisa dengan tes tertulis, tes lisan yaitu tanya jawab dan penugasan. Teknik penilaian keterampilan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Teknik penilaian keterampilan terdiri dari unjuk kerja/kinerja, produk, proyek dan portofolio.

Penilaian unjuk kerja adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melaksanakan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi, Penilaian produk adalah penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dalam wujud produk dalam waktu tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir. Penilaian proyek suatu kegiatan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya melalui penyelesaian suatu instrumen proyek dalam periode/waktu tertentu. Penilaian Portofolio merupakan penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat reflektif-integratif yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu.