EDM Sebagai Alat Perbaikan Mutu Madrasah
  • 1 April 2021
  • 450x Dilihat
  • Berita

EDM Sebagai Alat Perbaikan Mutu Madrasah

PALEMBANG - Hari keempat Pelatihan Manajemen Berbasis Madrasah Angkatan V diisi dengan materi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) oleh Dr. Lilis Suryani, M.Si. Dimulai sejak pagi hari pukul 07.30 WIB, Dr. Lilis memulai pelatihan dengan mengajak para peserta untuk menyanyikan Mars Madrasah. Dengan penuh semangat para peserta menyanyikan Mars Madrasah secara kompak dipandu oleh seorang dirigen yang juga merupakan peserta pada pelatihan tersebut. Diakhir lagu, Dr. Lilis membangkitkan semangat para peserta dengan mengatakan bahwa para peserta adalah pengemban amanat untuk mencerdaskan tunas bangsa dan semoga di tangan para peserta, madrasah bisa lebih maju.

Selanjutnya, Dr. Lilis mengajak peserta untuk membagi kelompok belajar. Pembagian kelompok belajar ini bertujuan untuk melakukan praktek langsung pelaksanaan EDM agar setelah pelatihan ini berlangsung, para peserta dapat langsung menerapkan ilmu yang didapat pada satuan kerjanya.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah proses penilaian mutu atau evaluasi yang dilakukan rutin setiap tahun secara internal pada madrasah dengan melibatkan beberapa pihak terkait seperti orang tua, komite dan pengawas. EDM sangat berkaitan dengan RKT yang mana hasil dari EDM dapat digunakan untuk menjadi pertimbangan penyusunan RKT. Oleh karena itu, EDM harus disusun sesuai data dan fakta yang ada agar dapat benar-benar bermanfaat untuk perbaikan mutu madrasah itu sendiri