Edukasi Pengelolaan OJS Melalui BIMTEK di lingkungan Balitbang & Diklat Kemenag RI
  • BDK Palembang
  • 28 November 2022
  • 256x Dilihat
  • Berita

Edukasi Pengelolaan OJS Melalui BIMTEK di lingkungan Balitbang & Diklat Kemenag RI

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof.Dr. Suyitno,M.Ag hari ini, 28 November 2022  membuka kegiatan Bimbingan teknis pengelolaan Open Journal System (OJS) dilingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama di Asrama Haji Embarkasi Bekasi. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana perkembangan pengelolaan OJS di lingkungan Balitbang & Diklat Kemenag RI yang tersebar dibeberapa satuan Kerja wilayah.


Dalam kesempatan ini, Suyitno menyampaikan beberapa hal terkait target-target apa yang harus dicapai pada OJS ini. Pengelolaan ojs ini terdapat 3 konsen yang menjadi pembahasan penting bagi pengelola diantaranya; pertama melalui maping : Pengelolaan Jurnal dipastikan memenuhi standard dan dipetakan mengarah kepada target SINTA 1 hingga menuju SCOPUS, kedua menata kelola dengan pendampingan jurnal-jurnal yang baru tumbuh dibeberapa satker yang ada dan ketiga memberikan peluang untuk pendampingan penulisan bahkan bukan hanya kepada jurnal saja melainkan menambah ranah kepada bagaimana membuat berita, ujar suyitno.

Kegiatan Bimbingan Teknis ini juga diisi oleh narasumber-narasumber yang handal dibidangnya diantaranya dari LIPI, Badan Riset dan Inovasi Nasional dan TIM OJS Badan Litbang Diklat. Masing-masing pengelola juga akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan permasalahan-permasalahan yang ada perihal pengelolaan OJS di masing-masing satker dan tentunya menemukan solusi secara bersama.  

Harapannya semoga Bimtek OJS ini dapat menjadi bekal, meningkatkan dan memberikan pemahaman terkait manajemen pengelolaan jurnal sesuai standar akreditasi nasional. Selain itu juga terwujudnya pengelola jurnal yang memiliki kompetensi dalam menggunakan OJS serta pemenuhan target-target pengelolaan yang telah dipetakan.

(Msy)