Empat Indikator Moderasi Beragama yang Harus Dimiliki ASN
  • BDK Palembang
  • 20 Desember 2022
  • 14073x Dilihat
  • Berita

Empat Indikator Moderasi Beragama yang Harus Dimiliki ASN

Untuk memberikan pemahaman Moderasi Beragama diperlukan Trik khusus agar setiap pribadi  lebih paham dan menjalankan di kehidupan sehari-hari, Dr. Saefudin, S.Ag., M.Si. (Kepala BDK Palembang) dalam menyampaikan materi Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kemenag pada Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) Kementerian Agama - LPDP.

Ia menyampaikan point penting dalam Moderasi Beragama “4 Indikator Moderasi Beragama yaitu Komitmen kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan, dan Penerimaan Terhadap Tradisi”.

Hal yang menarik yaitu ketika saefudin  menyampaikan materinya, beliau memutarkan Lagu Rhoma “Kita adalah Satu”. Bukan tanpa alasan beliau memutarkan lagu tersebut, jika diperhatikan dari salah satu liriknya yaitu “Walau kita beda dalam bahasa, walau kita beda dalam budaya, walau kita beda dalam agama, kita adalah satu”. Dari lirik lagu tersebut mencerminkan bahwa meskipun kita berbeda kita adalah satu, Indonesia.

Dengan cara sederhana dan ringan, kita dapat memahami makna moderasi beragama, yaitu Cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama membangun kemaslahatan umum – berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa.(19/12)