Enam Calon Guru asal Lampung Selatan Laporkan Pelaksanaan Habituasi Latsar pada Monev oleh BDK Palembang
  • 18 September 2021
  • 269x Dilihat
  • Berita

Enam Calon Guru asal Lampung Selatan Laporkan Pelaksanaan Habituasi Latsar pada Monev oleh BDK Palembang

Lampung Selatan (16/9) - Tiga orang tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Habituasi Latsar CPNS Kementerian Agama bertolak dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang menuju Lampung Selatan untuk melaksanakan monev pelaksanaan habituasi peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Kementerian Agama RI Gelombang I.

Monev yang mulai dilaksanakan pada Jumat (18/9) keesokan harinya pada mulanya direncanakan di unit kerja masing-masing peserta, yaitu MTs Negeri 2, MTs Negeri 3 dan MTs Negeri 4 Lampung Selatan. Namun dikarenakan jarak antara satu lokasi ke lokasi lain cukup jauh dan kondisi jalan yang tidak terlalu baik serta waktu pelaksanaan monev yang cukup singkat, maka monev dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan dengan memanggil keenam peserta Latsar CPNS untuk hadir.

Tim monev disambut langsung oleh bapak H. Abdul Haris, S.Ag, M.HI. Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan. Enam peserta latsar dari lima angkatan yang berbeda ini mendapat dukungan penuh dari Kasubbag Tata Usaha untuk menjalankan habituasi dengan baik dan sesuai jadwal yang ditentukan. Abdul Haris berharap semua gagasan kreatif dalam Rancangan Aktualisasi dari masing-masing peserta Latsar CPNS dapat terealisasi dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi Kemenag Kabupaten Lampung Selatan secara umum dan bagi Pendidikan Madrasah Kabupaten Lampung Selatan secara khusus, karena keenam peserta yang mengikuti monev tersebut semuanya merupakan calon guru yang berasal dari berbagai bidang, yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, Guru IPA, Guru IPS dan Guru PJOK.

Dari berbagai bidang keguruan tersebut diperoleh pula berbagai solusi untuk menciptakan pendidikan madrasah yang lebih baik. Beberapa peserta menyoroti tentang pengoptimalan pembelajaran daring dengan memaksimalkan kreatifitas guru dalam membuat media pembelajaran, seperti yang dirancang oleh Siti Khotimah, S.Pd, guru asal MTs Negeri 4 Lampung Selatan. Adapula yang mentransfer salah satu materi latsarnya menjadi gagasan kreatif seperti yang dilakukan oleh Aisiyah Putri Sandi, S.Si, guru asal MTs Negeri 2 Lampung Selatan yang menggunakan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Serta yang cukup menarik, yaitu rancangan aktualisasi dari Aiza Nirmala Hasan, S.Pd yang merupakan guru PJOK asal MTs Negeri 2 Lampung Selatan yang berusahan untuk merancang cara mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran tolak peluru dengan memodifikasi alat pembelajaran.

Selama pelaksanaan monev, peserta melaporkan perkembangan kegiatan aktualisasi yang dilaksanakan. Tim monev yang terdiri dari M. Abduh, M.Pd.I., Iwan Sugianto, S.Kom, M.Pd.I. dan Tri Kurnia, S.E, memeriksa laporan mingguan, bukti pengendalian pembelajaran aktualisasi oleh Mentor dan Coach serta bukti-bukti kegiatan masing-masing peserta. Selain itu, beberapa peserta juga menyampaikan kendala-kendala dalam pelaksanaan habituasi serta bertanya terkait teknis pelaksanaan agenda klasikal yang akan dilaksanakan pada pekan pertama bulan Oktober 2021 yang akan datang.

Dari hasil sementara pelaksanaan monev, tidak ditemukan kendala atau masalah yang signifikan selama pelaksanaan latsar dan habituasi peserta latsar CPNS Kementerian Agama Lampung Selatan.