Evaluasi Pasca Pelatihan Penting Tingkatkan Kinerja dan Kompetensi ASN
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 22 Desember 2022
  • 489x Dilihat
  • Berita

Evaluasi Pasca Pelatihan Penting Tingkatkan Kinerja dan Kompetensi ASN

Lubuklinggau (22/12/2022) - Selama kurun waktu tahun 2022, Balai Diklat Keagamaan Palembang (BDK Palembang) telah berhasil mencetak alumni  pelatihan bagi 1.435 orang. BDK Palembang terus melaksanakan pelatihan di tahun 2022, agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama yang ada di wilayah kerja BDK Palembang agar berkompeten dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. 


Untuk mengevaluasi pelatihan, maka BDK Palembang  melaksanakan evaluasi pasca pelatihan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemanfaatan kompetensi alumni peserta setelah mengikuti pelatihan yang telah dilaksanakan tahun 2022 dan sejauh mana manfaat pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan  yang diselenggarakan oleh BDK Palembang. 


Bertempat di aula kantor kementerian agama kota Lubuklinggau, Kamis (22/12/2022) kegiatan evaluasi pasca pelatihan (EPP) secara resmi di buka oleh Kepala  kantor kementerian agama kota Lubuklinggau yang diwakili oleh kasubbag tata usaha Muhammad Rais dan dihadiri oleh Kasi PAKIS serta Kasi PHU. 


Dalam sambutannya, Prasetyo Nugraha  mengemukakan sesuai dengan Undang – undang Aparatur Sipil Negara No. 5 tahun 2014 yang mengamanatkan ASN untuk dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja dari aparatur, BDK Palembang telah melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan yang diperuntukkan bagi ASN Kementerian Agama, dengan harapan akan memiliki kompetensi teknis dan non teknis yang mampu menunjang pencapaian kinerja secara optimal. 


Setelah para peserta lulus pelatihan dan kembali ke instansinya, maka outcome yang perlu di ukur adalah tingkat keberhasilan dari pelatihan yang diikutinya,”ujar Prasetyo. “Evaluasi pelatihan harus benar-benar difungsikan.”tambahnya. 


Sebagaimana lingkup evaluasi sebagaimana yang disampaikan oleh Kirk Patrick, bahwa evaluasi terdiri dari reaction dan learning ketika dalam proses pembelajaran di balai diklat sampai dengan berakhirnya pelatihan, kemudian setelah diklat dan kembali ke intansinya alumni peserta perlu diukur keberhasilannya terkait bagaimana behavior dan result dari pelatihan dan pendidikan yang telah diikutinya, apakah pelatihan dan pendidikan tersebut berdampak positif terhadap Unit Organisasi ditandai dengan peningkatan kinerja Unor, juga berdampak positif terhadap alumni dengan peningkatan perilaku kerjanya serta sejauh mana manfaat yang dirasakan dari proses penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tahun 2022 yang dilakukan oleh BDK Palembang. 


Evaluasi pasca pelatihan yang dilakukan oleh BDK Palembang  dilakukan terhadap Kementerian Agama Kota Lubuklinggau sebagai sampling, dan untuk saat ini sudah dilakukan evaluasi melalui penyebaran kuesioner dan wawancara dengan responden pegawai, rekan sejawat dan atasan pegawai yang bersangkutan. (Amz).