FGD Istitha'ah Kesehatan Haji 2024, Siapkan Jamaah Bugar dan Sehat   
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 13 Februari 2024
  • 46x Dilihat
  • Berita

FGD Istitha'ah Kesehatan Haji 2024, Siapkan Jamaah Bugar dan Sehat  

Palembang (13/2), Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI melakukan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Istitha'ah Kesehatan Haji "Kesiapan dan Persiapan Jamaah dalam Menyongsong Musim Haji 2024"

 

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Suyitno, M.Ag kepala badan litbang dan diklat kemenag RI dan dihadiri 40 peserta lainnya yaitu dari MUI provinsi Sumatera Selatan, Bidang haji Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Dinas Kesehatan provinsi Sumatera Selatan, UIN Raden Fatah Palembang, PWNU Sumatera Selatan, PW Muhammadiyah, Balai Diklat Keagamaan Palembang dan Jamaah Haji. 

 

Dalam sambutannya suyitno menyampaikan Balitbang dan diklat kemenag RI tusinya sangat luas, menjadi amanah dalam menjalankan tugas dari menteri. Balitbang dan Diklat Kemenag RI adalah dapurnya kementerian agama khusus dbidang kajian. Oleh karena itu Balitbang harus bersiap diri kapanpun dan kondisi apapun.

 

Begitu juga dalam kegiatan ini disepakati yang tujuannya untuk mengurai angka kematian jamaah. Agar jamaah bugar sehat. Untuk diketahui bersama bahwa tahun 2023 ada yang menarik. Terdapat 30% jamaah haji lansia yang dilakukan dengan manajemen yang baik yang berpengaruh terhadap kepuasan layanan haji. 

 

Untuk diketahui pada tahun 2024 ini, dengan penuh semangat dan tekad yang kuat, jamaah haji telah melakukan persiapan matang untuk menyongsong ibadah haji. Mereka telah mengikuti berbagai persiapan fisik, mental, dan spiritual, seperti menjalani pemeriksaan kesehatan, mempelajari tata cara ibadah haji, serta mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan selama perjalanan. Selain itu, mereka juga telah mempersiapkan diri secara finansial dan mengatur urusan keluarga serta pekerjaan agar dapat menjalani ibadah dengan khusyuk dan tenang. Dengan doa dan dukungan dari keluarga serta komunitas, jamaah haji tahun 2024 siap untuk mempersembahkan ibadah haji dengan penuh keikhlasan dan pengabdian kepada Allah SWT.

 

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan kesiapan dan persiapan jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji tahun 2024 ini dapat berjalan dengan lancar.  

 

Dalam sisi penyelenggara, kementerian agama akan terus melakukan evaluasi secara terus menerus untuk terus meningkatkan pelayanan haji kepada masyarakat. Sehingga kepuasan masyarakat akan terus meningkat dalam setiap tahunnya. (Mus/Yn)