Gelar Sarasehan, BDK Palembang Bahas Persiapan PKA Angkatan IX
  • 14 Maret 2022
  • 152x Dilihat
  • Berita

Gelar Sarasehan, BDK Palembang Bahas Persiapan PKA Angkatan IX

PALEMBANG (14/3) - BDK Palembang melakukan kegiatan "Sarasehan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IX Pusdiklat Tenaga Administrasi Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI" di Hotel Excelton mulai dari tanggal 14 s.d 15 Maret 2022. Kegiatan Sarasehan ini diikuti oleh 25 orang peserta selama 2 hari, dibuka oleh Kasubbag Tata Usaha Mukmin, S.H.I, M.Sy yang didampingi oleh Subkoordinator Tenaga administrasi Bandar, SE, MM, Subkoordinator Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Ibu Mursidah, S.Ag, MM serta Koordinator Widyaiswara Drs. Rudi Hermawan, M.Pd

Agenda utama dari sarasehan tersebut adalah membahas persiapan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX Pusdiklat Pusdiklat Tenaga Administrasi Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. BDK Palembang sendiri menyambut kesempatan menyelenggarakan sarasehan tersebut dengan merasa terhormat. Nantinya, PKA akan diselenggarakan di BDK Palembang dengan bimbingan dan arahan dari Pusdiklat Tenaga Administrasi Kemenag RI dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia. 

PKA merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi PNS, agar terbentuk PNS yang profesional sebagai pemimpin yang mampu memberikan yang terbaik dan kompeten dalam pelaksanaan tugasnya. Melalui penyelenggaraan PKA, diharapkan ASN Kemenag akan dapat menjadi agen perubahan di satuan kerja masing-masing, mengubah mindset aparatur di semua tingkatan dan strata kepemimpinan ke arah yang lebih disiplin, profesional dan tentunya mampu meningkatkan citra aparatur.

Pelatihan KPA mempunyai empat agenda utama dalam kurikulumnya, yakni agenda kepemimpinan pancasila dan nasionalisme, agenda kepemimpinan kinerja, agenda manajemen kinerja dan agenda aktualisasi kepemimpinan.

Dalam kegiatan sarasehan yang diselenggarakan ini diharapkan panitia BDK Palembang dan widyaiswara dapat menerima arahan dalam pelaksanaan PKA ini. Sarasehan tersebut mendiskusikan penentuan jadwal, lokus, fokus stula, urgensi pelatihan bela negara dan kepemimpinan, teknis pembelajaran, serta coach dan penceramah dalam pelatihan.

PKA direncanakan akan berlangsung di BDK Palembang pada Juni 2022 mendatang dengan metode pelatihan blended learning.