GENERASI EMAS INDONESIA YANG BERKARAKTER
  • 7 Desember 2020
  • 10609x Dilihat
  • Artikel

GENERASI EMAS INDONESIA YANG BERKARAKTER

GENERASI EMAS INDONESIA YANG BERKARAKTER

 

Miskiah

 

“Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku guncangkan dunia”, itulah perkataan Ir. Soekarno sebagai founding father Indonesia yang menegaskan betapa pentingnya peran generasi muda dalam kemajuan bangsa dan Negara. Baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas generasi mudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris bangsa dan negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global.

Masa depan bangsa dan dunia ini adalah milik generasi muda. Karena itu, suatu bangsa akan menjadi maju apabila ada kesungguhan generasi tua menyiapkan generasi muda yang lebih cerdas dan lebih berbudi dari generasi sebelumnya. Inilah sesungguhnya kewajiban kita semuanya. Sebab, hidup bersama tanpa persatuan dan kesatuan yang positif tidak mungkin manusia bisa mengatasi penderitaan hidupnya di dunia ini. Kesatuan dan persatuan tidak akan memberikan manfaat apabila tidak diselenggarakan dengan cerdas dan bijaksana. Keanekaragaman itu semakin menggejala dalam berbagai bentuknya. Tidak saja berbeda suku, agama, ras, budaya, aliran politik, tetapi juga berbeda dalam gaya hidup.

Generasi emas yang di launching oleh Mendiknas pada tanggal 2 Mei 2012 diproyeksikan sebagai hadiah 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Masih menurut M. Nuh, dari tahun 2012 sampai 2035, Indonesia memperoleh bonus demografi yaitu jumlah penduduk usia produktif paling tinggi di antara usia anak-anak dan orang tua. Dari data yang diperoleh Badan Pusat Statistik 2011 bahwa jumlah anak usia 0-9 tahun mencapai 45,93 juta, sedangkan anak usia 10-19 tahun berjumlah 43,55 juta jiwa. Mereka inilah anak-anak kader Generasi Emas 2045, karena nantinya pada 2045 mereka yang berusia 0-9 tahun akan berusia 35-45 tahun dan yang berusia 10-19 tahun akan berusia 45-54 tahun. Dan memang orang-orang usia ini lah yang nantinya akan menjadi pemegang pemerintahan dan roda kehidupan di Indonesia.

Versi Lengkap Silakan download disini /upload/files/Web%20MIskiah%2020.pdf