Guru Matematika MAN 1 Pangkal Pinang Apresiasi Diklat yang Digelar BDK Palembang
  • 13 Maret 2021
  • 313x Dilihat
  • Berita

Guru Matematika MAN 1 Pangkal Pinang Apresiasi Diklat yang Digelar BDK Palembang

PANGKAL PINANG - Pelatihan Metodologi Pembelajaran yang digelar BDK Palembang  di Bangka memberikan banyak informasi yang bermanfaat bagi para pesertanya. Salah satu peserta tersebut adalah Muh. Agung Noor Utomo, seorang guru muda yang mengikuti PDWK Metodologi Pembelajaran pada 1-8 Maret 2021.

Kepada panitia PDWK, Agung mengungkapkan bahwa selama mengikuti kegiatan pelatihan, materi yang diberikan oleh fasilitator BDK Palembang, yaitu Dr. Miskiah dan Dr. Agustina mudah untuk dipahami, sangat bermanfaat serta meningkatkan pemahaman para peserta dalam merencanakan dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang bermakna. 

“Kami mendapatkan materi-materi yang sangat kami butuhkan untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru, seperti model-model pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan diakhiri dengan praktik metodologi pembelajaran,” ujar guru mapel matematika dari MAN 1 Pangkalpinang itu.

Selain itu, Agus juga menyarankan agar kegiatan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru seperti ini hendaknya dilakukan secara berkelanjutan, sehingga pengetahuan yang telah didapatkan itu diteruskan pada guru-guru lain dan ada semakin banyak guru yang mampu merencanakan dan menciptakan pembelajaran yang bermakna.

“Hendaknya diadakan juga pelatihan yang mendukung pembelajaran seperti pelatihan penyusunan media pembelajaran berbasis teknologi ataupun yang lainnya,” harapnya.

Selain Agung, terdapat 34 guru yang berasal dari berbagai madrasah dan sekolah yang mengikuti PDWK dengan bersemangat. Mereka mengikuti sesi pembelajaran dengan menyimak ceramah, small-group discussionproject-based learning, serta simulasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.