H. Syarip: Penyuluh Adalah Ujung Tombak Kemenag
  • 28 September 2021
  • 265x Dilihat
  • Berita

H. Syarip: Penyuluh Adalah Ujung Tombak Kemenag

MUARADUA (27/9) - Untuk mewujudkan SDM Kementerian Agama yang kompeten dan moderat, BDK Palembang menyelenggarakan Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang Penyuluh Agama Non-PNS sejak tanggal 27 September lalu hingga 2 Oktober 2021 di Muaradua, tepatnya di MTsN 1 OKU Selatan.

Pembukaan PDWK tersebut dihadiri oleh H. Syarip, S.Ag, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan. Dalam kesempatannya menyampaikan kata sambutan, ia mengatakan bahwa penyuluh bertugas sebagai ujung tombak Kemenag dalam melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama, termasuk pembangunan melalui bahasa agama. Seluruh penyuluh agama Kemenag, khususnya di wilayah Kabupaten OKU Selatan wajib mengembangkan diri untuk memaksimalkan kualitas layanan terhadap masyarakat.

PDWK kali ini juga di hadiri oleh Kepala Seksi Administrasi, Bandar SE, MM. selaku ketua panitia. Dalam sambutannya, Bandar berpesan agar seluruh peserta tertib dan disiplin serta mengembangkan materi yang diperoleh dalam pelatihan. Ia juga berharap agar peserta dapat mendayagunakan ilmu yang dimiliki untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat luas.

Materi inti dalam pelatihan penyuluh agama non-PNS antara lain: Wawasan Kebangsaan; Revolusi Mental; Tugas dan Fungsi Penyuluh Agama Non PNS; Komunikasi Penyuluh Agama; Kerukunan Umat Beragama; serta Rencana Tindak Lanjut.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta sikap mental guna memantapkan pelaksanaan tugas sebagai penyuluh agama dan untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam bidang dan tugasnya agar bisa bekerja secara profesional.