Humas sigap menyampaikan informasi kepada publik
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 8 Februari 2023
  • 230x Dilihat
  • Berita

Humas sigap menyampaikan informasi kepada publik

Surabaya (7/2), Pada Kegiatan Evaluasi Kinerja Tenaga Fungsional Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Perencana yang diadakan oleh Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. Hadir Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. untuk membuka kegiatan tersebut. 


Suyitno menyampaikan baik atau tidaknya suatu lembaga di mata publik terlihat dari cara humas mengkomunikasikan dan menginformasikannya. Mati hidupnya lembaga tergantung dari kinerja humas. 


“Jika humas pandai mengomunikasikan kinerja lembaganya, maka reputasi instansi akan semakin baik di hadapan publik” tuturnya saat pembukaan di Surabaya. 


Menurut Kaban, humas harus sigap  menyampakan informasi kepada publik. "Semakin cepat respon humas dan semakin banyak informasi yang bisa dipublikasikan, maka semakin terlihat kinerja lembaga tersebut. Maka sebanyak apapun lembaga melahirkan gagasan atau kebijakan, jika tidak dipublikasikan dengan baik, maka dianggap tidak berkinerja,” ujarnya. 


Lebih lanjut, Kaban mengatakan bahwa tantangan humas saat ini semakin berat. Hasil riset menunjukkan pergeseran tren di kalangan anak muda yang lebih menyukai pemberitaan berbasis audio visual. 


“Kebiasaan membaca anak muda sangat rendah, mereka lebih menyukai konten video yang memiliki nilai entertainment. Hal inilah menjadi tantangan bagi humas untuk menyajikan informasi yang mengedukasi sekaligus menghibur,” katanya. 


"Pesan dari video memiliki sisi hiburan dan tidak monoton. Video yang dibuat harus informatif dengan durasi yang singkat. Orang nonton video di Youtube atau Tiktok saat mengisi waktu luang, misalnya sambil menunggu kendaraan umum,” tambahnya 


Momen ini yang harus dimanfaatkan untuk mendiseminasikan lembaga melalui media sosial. “Oleh karena itu, humas harus kreatif dalam mengemas informasi agar dapat menjangkau berbagai kalangan,” harapnya. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Nyimas Hikmah Susanti, S.Sos, M.Si selaku Perencana dan Yeni Lesmana Dewi, SE Humas BDK Palembang. Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 7 s.d 10 Februari 2023 di Hotel Ciputra World Surabaya yang dikuti seluruh Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Perencana se-Indonesia.