IKM Penting Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa 
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 15 Mei 2023
  • 472x Dilihat
  • Berita

IKM Penting Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa 

PALEMBANG (15/5) - Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) merupakan Program pelatihan yang dilaksanakan secara serentak oleh Pusdiklat, Balai Diklat Keagamaan dan Loka Diklat Keagamaan Kementerian Agama di seluruh Indonesia pada 15 s.d 20 Mei 2023. 


"Ada 321 madrasah seluruh Indonesia yang menjadi sasaran yang berstatus madrasah negeri. Pusdiklat beserta Kepala Balai Diklat Keagamaan dan Loka menyiapkan skema untuk mengelola dan menjalankan dengan baik pelatihan ini dilevel pusat, kota dan daerah dengan 78 angkatan," jelas Dr. H. Mastuki, M.Ag., Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kemenag RI saat menyampaikan laporan pada pembukaan IKM serentak se-Indonesia. Pelatihan IKM tersebut sebelumnya resmi dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. Dr. Amin Suyitno, M.Ag secara daring via Zoom pada Senin (15/5).


"Program IKM merupakan pelatihan berbasis komunitas dalam pendidikan yang melibatkan beberapa unsur dalam instansi, dimana kegiatan apapun tidak akan maksimal jika tidak memberdayakan dan melibatkan dari semua unsur," terang Suyitno.


Suyitno menekankan betapa pentingnya penerapan IKM dalam kurikulum pendidikan madrasah. "IKM adalah sebuah projek yang mengharuskan peserta didik diajari beberapa hal, bagaimana mendidik peserta dalam pembelajaran. Pastikan mereka terbiasa dengan IT, karena tantangan zaman jauh lebih kompleks dibanding dengan tantangan saat ini," lanjut pria kelahiran Tulung Agung tersebut. 


"Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka ini sangat penting, dimana semua materi untuk masa depan anak-anak. Mereka akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, mari wujudkan anak bangsa yg cerdas," tambahnya. "Oleh karena itu, ikuti dengan sungguh-sungguh pelatihan ini sehingga bersifat outcome, tentunya butuh kerjasama dan melakukan inovasi-inovasi yang luar biasa" pesannya 


Pembukaan berjalan dengan lancar. Ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin Efa Ainul Falah, S.Ag, M.A.