Inovasi adalah Napas Widyaiswara
  • Yeni Lesmana Dewi
  • 1 Juni 2023
  • 192x Dilihat
  • Berita

Inovasi adalah Napas Widyaiswara

Malang (1/6), Pembukaan Jambore Nasional Widyiswara II yang diadakan di Wana Wisata Coban Rondo Batu Malang yang dihadiri oleh Erfi Muthmainah sebagai Kepala Pusat Pengembangan JF Bangkom LAN RI, Boediarso Teguh Widodo selaku Ketua Umum DPP APWI pusat, dan ketua pelaksana Juniawan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 1-3 Juni 2023 di Coban Rondo, Batu, Malang. Perwakilan yang mengikuti dari Balai Diklat Keagamaan Palembang yaitu Sri Sunarti, M.Pd dan Dr. Agustina, M.Pd


Juniawan selaku ketua panita jambore nasional mengucapkan terima kasih kepada seluruh widyaiswara yang telah hadir dalam acara jambore nasional widyaiswara II. Pembukaan kegiatan ini diterima sangat antusias oleh para widyaiswara seluruh kementerian seluruh indonesia dengan jumlah peserta 179 orang dari aceh sampai papua, baik kementerian bpsdm, kementerian agama, balai besar pertanian, balai besar kesehatan dan ATRPN.


"Inovasi adalah napas widyaiswara", oleh karena itu, kegiatan ini menjadi alasan diadakannya jambore nasional widyaiswara II ini. Kegiatan ini untuk mencari karya terbaik widyaiswara, mendukung sesama widyaiswara, mewujudkan kebersamaan wi, dan mengangkat popularitas wi. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis yaitu karya kreatifitas dan karya inovatif widyaiswara. Selain itu semua karya ini juga dipamerkan secara virtual. 


Selain itu Juniawan mengajak widyaiswara untuk mengunjungi dan mengakses web dpd apwi agar mendapat banyak informasi terkait apwi. Kita harus saling bergotong royong dan membantu dalam mensukseskan acara ini.


Hadir pula Boediarso ketua umum APWI menyampaikan "Kegiatan ini bertepatan dengan hari kesaktian pancasila dimana kita harus memiliki semangat tinggi dalam mendukung dan menjunjung tinggi lambang dasar negara kita, pancasila. Sejarah pancasila sangat panjang hingga akhirnya menjadi dasar negara Indonesia. Hari lahir pancasila tidak hanya diingat saja tapi dihargai dan dimaknai sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat" pesannya saat membuka jambore nasional.


Ia juga mengajak peran aktif wi sebagai bagian yang tak terpisahkan bersama-sama menjaga Pancasila karena wi sebagai guru birokrasi berdiri paling depan dalam memberi contoh perilaku pengalaman pancasila. 


Jambore nasional Widyaiswara II tahun 2023 ini dilaksanakan dalam menyambut hari Widyaiswara ke 23 dan hari ulang tahun ke 3 organisasi profesi. Apwi sebagai badan yang independen, terbuka dan mandiri senantiasa melaksanakan langkah-langkah transformasi dan citra image kelembagaan dalam membangun kerjasama dan mengisi pembangunan.


Transformasi profesi widyaiswara merupakan hal mutlak harus senantiasa dikembangkan dan diasah. Ini berarti bahwa badan pengembanhan pelatihan harus dapat menciptakan karya-karya inovasi baru dan kreatifitas yang berbasis digital. Perlu menggelorakan karya baru dan inovasi dalam era 5.0


Kegiatan jambore nasional widyaiswara II ini menjadi ajang silaturahmi Widyaiswara dalam mengembangkan kompetensi sebagai Fasilitator dan guru dalam membangun sifat patriotisme bangsa.